Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Teknik Pembelajaran Make A Match Pada Anak Kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

NINGRUM, DEWI PRAJA (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Teknik Pembelajaran Make A Match Pada Anak Kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1339Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewi Praja Ningrum. UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK A TK MASYITOH IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui teknik pembelajaran Make A Match pada anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok kelompok A Masyitoh IV Surakarta yang berjumlah 19 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan pada prasiklus adalah sebesar 42,10% atau 8 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 63,15% atau 12 anak mencapai kriteria tuntas dalam mengenal konsep bilangan. Dilanjutkan ke siklus II ketuntasan anak secara klasikal dalam mengenal konsep bilangan meningkat menjadi 84,21% atau 16 anak mencapai kriteria tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui teknik pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: konsep bilangan, teknik Make A Match. ABSTRACT Dewi Praja Ningrum. IMPROVING THE ABILITY OF RECOGNIZING NUMBER THROUGH MAKE A MATCH LEARNING TECHNIQUE IN GROUP A STUDENTS OF TK MASYITOH VI SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. The objective of this research is to improve the ability to know the concept of numbers using Make A Match learning techniques in group A students of TK Masyitoh IV Surakarta in the academic year 2015/2016. This research was a classroom action research (CAR) which consisted of two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were group A students of TK Masyitoh IV Surakarta totaling 19 children. The data was derived from the teachers and children. Technique of collecting used in the research was observation, interviews, documentation, and test performance. The data was validated using source triangulation and technique triangulation. The technique of analyzing data was interactive model which consisted of data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results of the research shows that Make A Match technique improve the ability to know the concept of the number in group A students of TK Masyitoh IV Surakarta from pre cycle to the first cycle, and from the first cycle to the second cycle. The students’ classically completeness in recognizing the concept of numbers in pre cycle was amounted to 42.10% or 8 children reached complete criteria. The improvement occurred in the first cycle is 63, 15% or 12 children reached complete criteria in recognizing the concept of numbers. Then in the second cycle, the students’ classical completeness in recognizing the concept of number increased to 84, 21% or 16 children reached complete criteria. Based on the research, it can be concluded that Make A Match learning technique improve the ability to know the concept of numbers at group A students of TK Masyitoh IV Surakarta in the academic year 2015/2016. Keywords: concept of numbers, Make A Match technique.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Nov 2016 05:09
    Last Modified: 06 Nov 2016 05:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28312

    Actions (login required)

    View Item