Analisis Kadar Besi (Fe), Seng (Zn) dan Toatal Bakteri Koliform pada Sumber Air "Sumber Lanang" di Kabupaten Ngawi Sebagai Air BAku Air Minum

HAPYZANUAR, DAHDIAR TRIA (2016) Analisis Kadar Besi (Fe), Seng (Zn) dan Toatal Bakteri Koliform pada Sumber Air "Sumber Lanang" di Kabupaten Ngawi Sebagai Air BAku Air Minum. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (633Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sumber air “Sumber Lanang” merupakan mata air yang memiliki debit air yang cukup besar mencapai 90 liter per detik sehingga berpotensi untuk dijadikan sumber air baku untuk air minum. Sampai saat ini data tentang kualitas air baku air minum di “Sumber Lanang” masih sedikit. Air yang layak konsumsi harus memenuhi syarat fisika, kimia dan biologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air “Sumber Lanang” berdasarkan parameter fisik (suhu, rasa, bau), kimia (besi dan seng), biologis (total bakteri kolform) sebagai air baku air minum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ MENKES/ PER/ IV/ 2010. Metode yang digunakan untuk penelitian kadar besi dan seng dengan metode spektrofotometri, sedangkan untuk pemeriksaan total bakteri koliform menggunakan metode Most Probable Number (MPN) tabung ganda. Hasil pengujian kemudian dibandingkan dengan persyaratan kualitas air baku untuk air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas air “Sumber Lanang” berdasarkan parameter fisik (suhu, rasa, bau), kimia (besi dan seng), biologis (total bakteri kolform) sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/ Menkes/ PER/ IV/ 2010. Ditinjau dari parameter yang diteliti air dari “Sumber Lanang” layak dimanfaatkan sebagai air baku untuk air minum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QR Microbiology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Nov 2016 05:02
    Last Modified: 06 Nov 2016 05:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28311

    Actions (login required)

    View Item