PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA PADA SISWA XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI Disusun oleh: BRIAN KURNIAWAN WIDIANTO K4611023 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA APRIL

KURNIAWAN W, BRIAN (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA PADA SISWA XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI Disusun oleh: BRIAN KURNIAWAN WIDIANTO K4611023 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA APRIL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (903Kb)

    Abstract

    Brian Kurniawan Widianto. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA PADA SISWA XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar meroda melalui Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada peserta didik XI Ak 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali yang berjumlah 36 peserta didik yang semuanya terdiri dari peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerpan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) meningkatkan hasil belajar meroda dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II, adapun data prasiklus yang belum tuntas 75% dari 36 siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar meroda peserta didik pada Siklus I dari 36 peserta didik mencapai 58,33% atau sebanyak 21 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 86,11% atau sebanyak 31 siswa sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 2,67. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan Model pembelajaran kooperatif Group Learning type Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar meroda pada peserta didik kelas XI Ak 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali tahun ajaran 2015 / 2016. Kata Kunci: Hasil Belajar, Meroda, Group Investigation, Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Nov 2016 21:29
    Last Modified: 04 Nov 2016 21:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28304

    Actions (login required)

    View Item