EVALUASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HARIAN SUARA MERDEKA PRESS CABANG SURAKARTA

ADI, HAPSORO KUSUMO (2009) EVALUASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HARIAN SUARA MERDEKA PRESS CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (302Kb)

    Abstract

    Dalam rangka mengikuti perkembangan pasar yang terus berubah serta keberhasilan pemasaran produknya, maka dibutuhkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) dengan baik dan tepat. Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi volume penjualan dalam suatu perusahaan. Rangkaian marketing mix meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi mempunyai pengaruh besar terhadap tindakan konsumen dalam melakukan pembelian. Perusahaan yang merupakan obyek penelitian tugas akhir ini adalah Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta yang terletak di Jl. Dr. Wahidin No. 19 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix yang dilakukan oleh Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta serta mengetahui apakah penerapan marketing mix yang dilakukan selama ini mampu meningkatkan volume penjualan pada Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis deskriptif, yaitu menggambarkan dan menceritakan keadaan dan data-data yang sebenarnya tentang suatu obyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka, sedangkan teknik pembahasan yang diterapkan adalah pembahasan deskriptif berupa ulasan terperinci yang berkaitan dengan penetapan sistem marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Untuk menghadapi persaingan antar surat kabar, harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta selalu melakukan mengembangkan produk. Pengembangan produk dilakukan dengan cara membuat model dan desain surat kabar lebih comfortable dan pemberian logo pada harian umum Suara Merdeka. Kegiatan sebelum surat kabar dipasarkan adalah melakukan quality control atau pengepakan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan merupakan produk yang benar-benar baik kualitasya dan layak untuk dijual. (2) Dalam menetapkan perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user harga produk harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta menetapkan berbagai kebijaksanaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Faktor yang mempengaruhi penetapan harga pada harian umum Suara Merdeka antara lain kondisi perekonomian persaingan, dan biaya. (3) Rata-rata pendistribusian surat kabar Suara Merdeka untuk wilayah karesidenan Surakarta mencapai 15.500 eks per hari. Untuk mendistribusikan surat kabar tersebut Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Dengan keanekaragaman saluran distribusi yang dimiliki diharapkan dapat memudahkan konsumen dalam memperoleh surat kabar Suara Merdeka. (4) Bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta antara lain berupa periklanan, hubungan masyarakat, dan personal selling. (5) Penerapan marketing mix yang dilakukan oleh Harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta memberikan dampak positif terhadap peningkatan volume penjualan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah volume penjualan yang cenderung mengalami peningkatan. Berdasarkan pada kesimpulan di atas, saran-saran yang dapat diberikan kepada perusahaan harian Suara Merdeka Press Cabang Surakarta adalah sebagai berikut : (1) Usaha kegiatan pemasaran perlu ditingkatkan dengan jalan mencari segmen pasar barudengan usaha pemasaran yang lebih agresif. (2) Lebih meningkatkan kualitas produk dengan cara menambah feature baru dan perbaikan corak (style) pada harian Suara Merdeka. (3) Lebih gencar dalam melakukan promosi penjualan, antara lain dengan usaha personal selling yang lebih agresif, aktif sebagai sponsor dalam even-even besar, memberi penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya informasi dan pengetahuan dan sebagainya. (4) Mempertegas citra perusahaan sebagai salah satu pelopor berdirinya perusahaan surat kabar di Indonesia. (5) Meningkatkan hubungan dan kerjasama antar karyawan perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 23:01
    Last Modified: 12 Jul 2013 23:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2830

    Actions (login required)

    View Item