ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP KERUSAKAN PRODUK PADA PERUSAHAAN HANDUK LUMINTU KLATEN

SUHENDRA, BAYU (2016) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP KERUSAKAN PRODUK PADA PERUSAHAAN HANDUK LUMINTU KLATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP KERUSAKAN PRODUK PADA PERUSAHAAN HANDUK LUMINTU KLATEN Bayu Suhendra NIM. F3509009 Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui jenis cacat yang paling berdampak terhadap kualitas dalam produk kain handuk dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan terjadinya cacat. Metode pengumpulan data dalam tugas akhir ini adalah dengan metode data sekunder, wawancara, metode pengamatan, dan metode dokumentasi. Metode pembahasan yang digunakan adalah diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Berdasarkan analisis dari diagram pareto diperoleh rincian kerusakan sebagai berikut : penjahitan sebanyak 95 produk atau 32,76%, pemalaman sebanyak 65 produk atau 22,41%, penenunan sebanyak 49 produk atau 16,9%, pewarnaan sebanyak 43 produk atau 14,83% dan pada mesin pembuat handuk sebanyak 38 atau 13,1% dan dari analisis diagram sebab-akibat kerusakan terbesar yaitu pada penjahitan yang kebanyakan disebabkan oleh faktor manusianya sendiri. Simpulan dan saran yang penulis sampaikan adalah perusahaan handuk Lumintu harus bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan sistem pengendalian kualitas produk yang sudah ada dengan cara selalu mengadakan perawatan atau servis terhadap peralatan yang ada minimal 1 bulan sekali, meningkatkan atau memperketat pengawasan terhadap kedisiplinan karyawan agar karyawan dalam menjalankan pekerjaannya selalu berhati-hati dan serius supaya resiko terjadi kerusakan berkurang, kualitas produk yang telah dihasilkan dipertahankan dan ditingkatkan. Kata Kunci : Pareto, diagram sebab-akibat, perusahaan handuk

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Nov 2016 18:59
    Last Modified: 04 Nov 2016 18:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28293

    Actions (login required)

    View Item