Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

PUSPA S, AYUDIA (2016) Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Ayudia Puspa Setyawan. K1212013. ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang meliputi kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf; (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan penggunaan berbahasa tersebut. Penelitian ini dilakukan di wilayah kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan analisis isi dengan sampel laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta yang berjumlah 10. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta meliputi: kesalahan ejaan; kesalahan diksi; kesalahan penyusunan kalimat; dan kesalahan paragraf. Kedua, faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam laporan hasil observasi siswa disebabkan oleh empat faktor, antara lain: penguasaan kaidah kebahasaan siswa kurang; ketidaktelitian dalam menulis; kurangnya motivasi menulis; dan kurangnya kosakata siswa. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam laporan hasil observasi siswa, antara lain: melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, meningkatkan penguasaan kaidah bahasa siswa dengan membaca, dan memperbanyak latihan menulis. Kata kunci: kesalahan berbahasa, bentuk kesalahan, laporan hasil observasi, penyebab kesalahan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Nov 2016 17:34
    Last Modified: 04 Nov 2016 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28283

    Actions (login required)

    View Item