PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

CHOLIFAH, SITI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (322Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Siti Cholifah, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGASEM IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan Romawi dengan menggunakan model pembelajaran pair checks pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak dua siklus. Tiap siklus berlangsung selama 2 pertemuan dan terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah siswa adalah 34 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nilai rata-rata sebelum tindakan (prasiklus) 56,61, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 73,67, pada siklus II meningkat menjadi 77,64. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 35,30% atau 12 dari 34 siswa mencapai KKM (≥70). Pada siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 64,70% atau 22 dari 34 siswa yang telah mencapai KKM. Setelah tindakan pada siklus II, ketuntasan klasikal 85,29% atau 29 dari 34 siswa telah mencapai KKM. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan Romawi pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bilangan Romawi, Model Pair Checks. ABSTRACT Siti Cholifah, APPLYING PAIR CHECKS LEARNING MODEL FOR IMPROVING CONCEPT COMPREHENSION OF ROMAN NUMERALS FOURTH GRADE STUDENTS OF KARANGASEM IV STATE PRIMARY SCHOOL SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Skripsi, Training and Education Faculty, Sebelas Maret University Surakarta, June 2016. The purpose of this research is to improve concept comprehension Roman Numeral by applying Pair Checks learning model in fourth grade students of Karangasem IV State Primary School Surakarta in the academic year of 2015/2016. The form of this research is a Classroom Action Research (CAR). It has two cycles. Every cycles consist of two meeting and four stages. Those stages are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research are teacher and the fourth grade students of Karangasem IV state Primary School Surakarta in the academic year of 2015/2016. Amounting of 34 students, of 16 male students and 18 female students. The technique in collecting data was test, interview, observation, and documentations. Data validity techniques is tested by using source tringulation, technique triangulaton, and the content validity. The data analysis was using interactive analysis model, which its consists of data collection, data reduction, data display, and conclusions. The average mark before the action (pre-cycle) is 56,61, whereas the average mark of cycle I is 73,67 and whereas the average mark cycle II is 77,64. In pre-action the classical completeness level reached 35,30% as many as 12 students of 34 students reached minimum completeness criteria (≥70). In cycle I, in the classical completeness level reached 64,70% as many as 22 students of 34 students reached minimum completeness criteria. After action in cycle II the classical completeness level reached 85,29% as many as 29 students of 34 students reached minimum completeness criteria. The conclusion of the research is the applying of pair checks teaching model can improved concept comprehension of Roman Numerals of fourh grade students of Karangasem IV State Primary School Surakarta in the academic year of 2015/2016. Keyword : Concept Comprehension, Roman Numeral, Pair Checks Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Nov 2016 14:45
    Last Modified: 04 Nov 2016 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28279

    Actions (login required)

    View Item