Kegiatan Media Relations Yang Dilakukan Oleh Humas ( Public Relations ) Pemerintah Kabupaten Boyolali

ANDREASTUTI, RIZKY DEWI (2016) Kegiatan Media Relations Yang Dilakukan Oleh Humas ( Public Relations ) Pemerintah Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (174Kb)

    Abstract

    Rizky Dewi Andreastuti, D1613090, Hubungan Masyarakat, Kegiatan Media Relations Yang Dilakukan Oleh Humas (Public Relations) Pemerintah Kabupaten Boyolali, 2016 Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media ( KKM ) di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Boyolali selama 2 bulan yang di mulai pada tanggal 15 Februari hingga 15 April 2016. Sebagai salah satu unsur terpenting serta memiliki peran yang cukup besar di Pemerintah Kabupaten Boyolali, terlebih dalam hal yang bersangkutan dengan masyarakat serta pejabat pemerintah yang lain mengharuskan adanya seorang praktisi humas (public relations) yang handal untuk menjembatani atau sebagai mediator antara Pemerintah Kabupaten Boyolali dengan pihak lainnya. Apalagi, sekarang ini Kabupaten Boyolali sedang melaksanakan banyak kegiatan dalam menunjang branding city, dan tentu saja semua rencana kegiatan membuat bagian Humas Pemkab Boyolali harus memiliki banyak ide kreatif, dan hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media ( KKM ) di Pemerintah Kabupaten Boyolali. Selama melaksanakan KKM, penulis melakukan beberapa kegiatan, yaitu kegiatan umum atau kegiatan rutin dan juga kegiatan khusus, diantaranya adalah monitoring media cetak, membuat kliping media cetak, menulis press release, melakukan dokumentasi, melakukan publikasi keliling, melakukan wawancara, melakukan liputan, mengikuti acara senam pagi setiap Jum’at, mengikuti kegiatan apel pagi dan upacara, menyambut dan mempersiapkan kunjungan kerja, serta membuat company profile. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali salah satunya ditunjang dengan adanya Media Relations, yang merupakan bagian dari Public Relations external yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi/ lembaga. Kegiatan media relations yang dilakukan oleh Humas SETDA Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam membangun hubungan baik dengan media massa pada umumnya adalah dengan menjadi sumber informasi yang terbuka, Media relations tidak hanya terkait dengan kepentingan sepihak, melainkan kedua belah pihak memiliki kepentingan yang sama. Dengan demikian hubungan kerjasama yang dijalin oleh Humas Pemerintah Kabupaten Boyolali menjadi win-win solution. Semakin tingginya respon positif dari pihak media maka akan sangat mempengaruhi bagaimana pemerintahan tersebut akan berkembang. Tingginya minat partisipasi media dapat menarik perhatian masyarakat lokal hingga interlokal untuk datang berkunjung dan mengetahui segala macam hal mengenai Kabupaten Boyolali. keyword: media, media relations, hubungan masyarakat, pemerintahan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Nov 2016 12:50
    Last Modified: 04 Nov 2016 12:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28270

    Actions (login required)

    View Item