ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA

MELATI, METTA RAHMA (2016) ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (711Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS KONSEP DRAMATURGI ERVING GOFFMAN DALAM POLA PENGGUNAAN RUANG PUBLIK KAFE OLEH MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA. Metta Rahma Melati. K8412049. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah, pertama mengetahui pemetaan ruang publik kafe di kota Surakarta. Kedua, mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di Kota Surakarta. Ketiga, mengetahui konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan sejumlah empat mahasiswa. Pengumpulan data untuk melihat pemetaan ruang publik kafe di Kota Surakarta menggunakan metode observasi tak berstruktur. Untuk mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di Kota Surakarta menggunakan metode wawancara terstrukutur. Selanjutnya untuk mengetahui konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi menggunakan metode wawancara terstruktur. Pemetaan kafe di Kota Surakarta dikelompokkan peneliti menjadi tiga bagian yaitu Solo Bagian Timur, Solo Bagian Tengah, dan Solo Bagian Barat. Pola penggunaan kafe oleh mahasiswa di ketahui sebagai berikut, kepentingan pribadi seperti pacaran, kualitas waktu dengan teman – teman, akdemik, waktu luang, dan kepentingan pekerjaan. Untuk konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa di dapat sebagi berikut, informan mengkonstruksi dirinya agar orang lain terkesan. Namun realiatasnya, mereka menggunakan strategi tertentu untuk membangun kesan tersebut, seperti menyisihkan uang dan mencari tambahan pendapatan dengan bekerja secara freelance. Kata kunci : Kafe, mahasiswa, dramaturgi. ABSTRACT ERVINGGOFFMAN’S DRAMATURGY CONCEPT ANALYSIS OF PATTERNS OF USE OF PUBLIC SPACE CAFE BY STUDENTS UNIVERSITY IN THE CITY OF SURAKARTA. Metta Rahma Melati. K8412049. Thesis.Faculty of Teacher Training and Education. SebelasMaretSurakarta University. June 2016. The purpose of this study is, first knowing mapping of public spaces cafe in the city of Surakarta. Second, knowing the pattern of use of cafe as public space by the student university in the city of Surakarta. Thrid, knowing the construction of the front stage and back stage reality of students universityin cafe as public space usage patterns in Surakarta related dramaturgical theory. This study was a qualitative research. The informans is four students university. The collection of data to look at cafe as public space mapping in the city of Surakartausing unstructureobservation methods. To determine the pattern of use of cafe as public space by the student university in Surakarta using structured interviews. Furthermore, to determine the construction of the front stage and back stage reality of students in cafe as public space usage patterns in Surakarta related dramaturgical theory using structured interviews. Cafe’s mapping in Surakarta according to researchers grouped into three sections: the Eastern Solo, Solo Central Part and SoloWest Part. The usage patterns cafe by students university in the know as follows, personal interests such as courtship, quality time with friends, academics, leisure and work interests. For the construction of the front stage and back stage reality students university can be as follows, informants construct himself to impress others. However the reality, they used certain strategies to build an impression, such as setting aside money and seek additional income by working as a freelance. Keywords: cafe, students university, and, dramaturgy.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 04 Nov 2016 12:31
    Last Modified: 04 Nov 2016 12:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28266

    Actions (login required)

    View Item