Spatial Autoregressive Model dan Spatial Error Model pada Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Pengolahan di Eks Karesidenan Surakarta

Rizki Adita, Windy (2016) Spatial Autoregressive Model dan Spatial Error Model pada Pertumbuhan Ekonomi Sektor Industri Pengolahan di Eks Karesidenan Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (350Kb)

    Abstract

    Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan indikator yang umum digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Sektor industri pengolahan adalah sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB Provinsi Jawa Tengah. Wilayah eks Karesidenan Surakarta yang terdiri atas Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten merupakan salah satu wilayah yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini menerapkan model spasial autoregresif (spatial autoregressive model) dan model spasial eror (spatial error model) pada pertumbuhan ekonomi sektor industri pengolahan dengan pembobot persinggungan sisi-sudut di eks Karesidenan Surakarta. Faktor-faktor yang diteliti adalah tenaga kerja, investasi, pengeluaran untuk belanja modal, belanja barang dan jasa, serta belanja pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel spasial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model spasial autoregresif dengan efek random memiliki nilai R^2 sebesar 83,67% dan model spasial eror dengan efek random memiliki nilai R^2 sebesar 99,84%. Faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi sektor industri pengolahan di eks Karesidenan Surakarta pada kedua model tersebut adalah investasi serta belanja barang dan jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 03 Nov 2016 21:57
    Last Modified: 03 Nov 2016 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28257

    Actions (login required)

    View Item