ANALISIS FAKTOR PENYEBAB FLUKTUASI PENJUALAN (Studi Kasus : Bagian Pemasaran pada PT. Solo Grafika Utama)

LISA AMBARWATI, NUR (2016) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB FLUKTUASI PENJUALAN (Studi Kasus : Bagian Pemasaran pada PT. Solo Grafika Utama). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1509Kb)

    Abstract

    HALAMAN ABSTRAK ANALISIS FAKTOR PENYEBAB FLUKTUASI PENJUALAN (Studi Kasus : Bagian Pemasaran Pada PT Solo Grafika Utama) NUR LISA AMBARWATI NIM : F3213042 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab fluktuasi penjualan pada PT Solo Grafika Utama. Studi kasus dilakukan pada bagian pemasaran PT Solo Grafika Utama. Metode dalam penelitian ini adalah wawancara dengan bebrapa responden. Narasumber kunci adalah Manajer Pemasaran dan Staf Pemasaran PT. Solo Grafika Utama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat dua faktor yang mempengaruhi fluktuasi penjualan pada PT. Solo Grafika Utama. Faktor yang pertama adalah faktor customer yang tidak melakukan cetak ulang sehingga menyebabkan penurunan penjualan perusahaan. Faktor yang kedua adalah faktor kondisi ekonomi global yang mengakibatkan perubahan harga cetak produk sehingga jumlah cetakan oplah mengalami fluktuasi. Berdasarkan analisis tersebut upaya yang harus dilakukan PT. Solo Grafika Utama untuk meningkatkan penjualan cetak non koran adalah menghitung ulang penetapan harga cetak, mempertahankan customer, dan melakukan pencarian customer secara konsisten. Kata Kunci : fluktuasi penjualan, percetakan, produk non koran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 03 Nov 2016 21:06
    Last Modified: 03 Nov 2016 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28237

    Actions (login required)

    View Item