Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Likuiditas Terhadap Probabilitas Default Bank (Studi Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013)

HERNIWANTI, IKA (2016) Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Likuiditas Terhadap Probabilitas Default Bank (Studi Pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1079Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko kredit dan risiko likuiditas terhadap probabilitas default bank. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling sehingga mendapatkan 27 bank umum konvensional yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Setelah melakukan serangkaian uji pada penelitian ini, dihasilkan kesimpulan bahwa risiko kredit dengan proksi non performing loan, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap probabilitas default bank (ZSCORE). Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kredit bermasalah suatu bank, maka semakin tinggi pula risiko bank untuk gagal atau mendekati kebangkrutan. Sedangkan risiko likuiditas dengan proksi baru (LR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap probabilitas default bank (ZSCORE). Hal ini berarti semakin tinggi tingkat LR, maka aset bank lebih likuid, sehingga bank lebih mampu menghadapi kondisi penarikan dana nasabah secara tiba-tiba. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dan membuka pandangan umum tentang z-score yang dapat digunakan untuk proksi kebangkrutan perbankan dan LR sebagai proksi risiko likuiditas. Kata kunci: bank, risiko likuditas, risiko kredit, dan probabilitas default

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Nov 2016 11:52
    Last Modified: 03 Nov 2016 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28217

    Actions (login required)

    View Item