STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL PADA PERUSAHAAN DIAN MANDALA YOGYAKARTA

KUSUMANINGRUM, DIANA DEWI (2010) STRATEGI PEMASARAN EKSPOR DALAM MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL PADA PERUSAHAAN DIAN MANDALA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1663Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengambil judul ”Strategi Pemasaran Ekspor dalam Memasuki Pasar Internasional pada Perusahaan Dian Mandala Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan Dian Mandala dalam rangka mendukung kegiatan ekspor. Perusahaan Dian Mandala merupakan perusahaan ekspor produsen yang memasarkan produk-produk handcraft dan furniture dengan berbahan dasar kulit ikan pari. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil satu objek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak Perusahaan Dian Mandala dalam hal ini bagian ekspornya, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan bacaan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Dian Mandala menggunakan 4 variabel bauran pemasaran atau sering disebut marketing mix untuk strategi pemasaran ekspornya, yang meliputi strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi distribusi. Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi langsung dan distribusi tidak langsung, keduanya saling melengkapi. Namun, brand image dan promosi belum dikembangkan sepenuhnya oleh Perusahaan Dian Mandala. Alternatif strategi yang bisa dikembangkan oleh Perusahaan Dian Mandala adalah memperkokoh brand image perusahaan dengan memanfaatkan keunggulan kulit ikan pari sebagai bahan dasar produk Keunggulan tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan promosi sehingga positioning Perusahaan Dian Mandala semakin kuat di benak kosumen. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diidentifikasi permasalahan atau hambatan dari strategi pemasaran yang dipakai serta alternatif pemecahan masalah yang ada untuk mencapai suatu perbaikan kinerja ke arah yang lebih baik. Keywords: Marketing Mix, Brand Image, Promotion

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 22:49
    Last Modified: 12 Jul 2013 22:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2821

    Actions (login required)

    View Item