PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBARAN TAHUN AJARAN 2015/2016

PUTRI, ARUM AN NISA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (363Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arum An Nisa Putri.K7112035.PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikanpenerapan langkah-langkah pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media video di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 15 perempuan.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data peningkatan keterampilan menulis puisi dan teknik nontes yang terdiri dari pengamatan dan wawancara untuk data penerapan pendekatan saintifik dengan media video. Analisis data melalui tiga aktivitas yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan keterampilan menulis puisi di di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati video, (b) menanya berdasarkan video, (c) mengumpulkan informasi berdasarkan video, (d) menalar, dan (e) mengkomunikasikan. Kedua,penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi pada setiap siklusnya. Keterampilan menulis puisi yang diketahui berdasarkan ketuntasan hasil evaluasi pada siklus I sebesar 56,5% kemudian siklus II meningkat menjadi 71,5% hingga pada siklus III meningkat kembali menjadi 91,5%. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media video adalah siswa kurang percaya diri untuk bertanya. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu guru meningkatkan keterampilan memotivasi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: pendekatan saintifik, video, menulis puisi ABSTRACT Arum An Nisa Putri.K7112035.THE APPLICATION OF SCIENTIFIC APPROACH WITH VIDEO MEDIA IN IMPROVING POEM WRITING SKILLS FOR THE FIFTH GRADE OF SD NEGERI KEMBARAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016.Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University.May 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the application of scientific approach with video media in improving poem writing skills for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016, (2) to improve poem writing skillsthrough the application of scientific approach with video media for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016, and (3) to describe problems and solutionson the application of scientific approach with video media in improving poem writing skills for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of this research were 8 boys and 15 girls totaling 23 studentsof the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016. Techniques of collecting data were testtechnique for the data improvement of poem writing skills and non-test technique consisting of observation and interview to get the data of the implementation of scientific approach using video media. Data were analyzed using three activities consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps of the application of scientific approach with video media in improving poem writing skills for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016, namely: (a) watch video, (b) ask questions based on video, (c) collect information based on video, (d) think deeply, and (e) communicate information, (2) the application of scientific approach with video media can improve essay writing skills for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016. It was proved by the increase of learning outcomesin the first cycle 56.5%, in the second cycle 71.5%, and in the third cycle 91.5%, (3) the problem encountered the application of scientific approach with video media is that student is not confident in asking questions. Solution for this problem is the teacher encourages students. The conclusion of this research is the application of scientific approach with video media can improve essay writing skills for the fifth grade of SD Negeri Kembaranin the academic year of 2015/2016. Keywords:scientific approach, video, writing skill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Nov 2016 10:54
    Last Modified: 03 Nov 2016 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28206

    Actions (login required)

    View Item