ANALISI PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KESEDIAAN PELANGGAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM (Survei pada Pelanggan Eiger di Surakarta)

SEJATI, ANDIKA PUTRA (2016) ANALISI PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KESEDIAAN PELANGGAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM (Survei pada Pelanggan Eiger di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1350Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium. Faktor yang diduga sebagai penentu kesediaan pelanggan membayar harga premium adalah citra merek, kualitas produk dan corporate social responsibility. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Anselmsson et al. (2014) dengan variabel yang diamati yaitu citra merek, kualitas produk, corporate social responsibility dan kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium. Obyek penelitian ini adalah produk Eiger karena produk Eiger memiliki harga jual yang paling tinggi dibandingkan produk lain yang sejenis. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 235 pelanggan yang bersedia membayar harga premium untuk sebuah produk Eiger di wilayah Surakarta. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana terdapat kriteria tertentu yaitu konsumen yang sudah membeli produk Eiger dengan harga premium di wilayah Surakarta dan mengetahui corporate social responsibility Eiger melalui website resmi. Penelitian ini menguji tiga hipotesis yaitu: 1) pengaruh citra merek terhadap kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium, 2) pengaruh kualitas produk terhadap kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium, 3) pengaruh corporate social responsibility terhadap kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium, dengan alat uji hipotesis yang digunakan adalah model persamaan struktural (Structural Equation Model). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) citra merek berpengaruh positif pada kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium, 2) kualitas produk berpengaruh positif pada kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium, 3) corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap kesediaan pelanggan untuk membayar harga premium. Penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasan yang meliputi variabel, dan obyek amatan yang terbatas pada pelanggan Eiger di wilayah Surakarta. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharap melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Corporate Social Responsibility, Kesediaan Membayar Harga Premium.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:25
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28203

    Actions (login required)

    View Item