PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP DI KOTA SURAKARTA

Al-Pansori, Muh. Jaelani and Suwandi, Sarwiji and Rohmadi, Muhammad (2013) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1). pp. 108-124. ISSN 1693-623X

[img] PDF - Published Version
Download (238Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengkaji tentang muatan pendidikan multikultural dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan secara rinci dan mendalam mengenai pengintegrasian nilai-nilai pendidikan multikultural dan kualitas pengintegrasian nilai-nilai pendidikan multikultural dalam BSE mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi teknik content analysis atau analisis isi. Sumber data diperoleh dari dokumen berupa BSE mata pelajaran bahasa Indonesia yang digunakan pada SMP di Kota Surakarta. Uji validitas data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas triangulasi sumber. Data-data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pengintegrasian nilai-nilai pendidikan multikultural dari empat BSE mata pelajaran bahasa Indonesia yang digunakan pada SMP di Kota Surakarta telah terintegrasi. Dari empat belas subdimensi yang menjadi tolok ukur pengintegrasian tersebut, hanya sepuluh subdimensi yang telah terintegrasi, yakni subdimensi budaya dan sastra; subdimensi pemahaman dan aplikasi; subdimensi individu; subdimensi suku/ras/etnis, status sosial/ekonomi, keadilan, dan demokrasi; serta subdimensi budaya sekolah. Muatan materi pendidikan multikultural dari sepuluh subdimensi tersebut masih kurang memadai, bahkan subdimensi bahasa; subdimensi kelompok; subdimensi agama; dan struktur sosial tidak terintegrasi. Selain itu, Kualitas pengintegrasian nilai-nilai pendidikan multikultural dalam BSE tersebut masih belum memadai, karena subdimensi yang telah terintegrasi masih perlu diperkaya. Kata Kunci: pendidikan multikultural, buku sekolah elektronik (BSE), mata pelajaran bahasa Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 12 Jul 2013 22:53
    Last Modified: 12 Jul 2013 22:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2820

    Actions (login required)

    View Item