PERBEDAAN PENGARUH SENAM SANG SURYA DAN SENAM SEHAT INDONESIA TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS LANSIA DITINJAU DARI INDEKS MASSA TUBUH

P, ARANDI PALGUNADI (2016) PERBEDAAN PENGARUH SENAM SANG SURYA DAN SENAM SEHAT INDONESIA TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS LANSIA DITINJAU DARI INDEKS MASSA TUBUH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (134Kb)

    Abstract

    Penurunan fungsi dan kekuatan otot akan mengakibatkan penurunan kemampuan mempertahankan keseimbangan postural atau keseimbangan tubuh lansia. Ketidakmampuan mempertahankan keseimbangan ini merupakan salah satu faktor penghambat para Lansia untuk melakukan aktivitas yang dinamis dilingkungannya. Tindakan preventif ini merupakan langkah utama yang harus dilakukan dengan mengantisipasi gangguan keseimbangan, diantaranya dengan Senam Sehat Indonesia dan Senam Sang Surya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh latihan Senam Sang Surya dan Senam Sehat Indonesia terhadap keseimbangan dinamis Lansia (2) Perbedaan keseimbangan dinamis antara Lansia yang memiliki kriteria IMT Overweight, Normal, dan Underweight. (3) Interaksi antara jenis senam Lansia dan IMT terhadap keseimbangan dinamis Lansia. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x3. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di Desa Mudal Kabupaten Boyolali dengan sampel penelitian berjumlah 42 Lansia yang diambil dari populasi sebesar 75 Lansia. Tindakan Senam Sehat Indonesia dan Senam Sang Surya diberikan 3 kali seminggu. Berdasarkan pengujian hipotesis menunjukkan : 1) Ada perbedaan pengaruh Senam Sehat Indonesia dan Senam Sang Surya terhadap peningkatan keseimbangan dinamis Lansia. Dapat dilihat pada nilai Sig = 0,001 < 0,05 sehingga H_0A ditolak 2) Ada perbedaan keseimbangan dinamis antara Lansia yang memiliki kriteria IMT Overweight, Normal, dan Underweight. Dapat dilihat pada nilai Sig=0,000<α=0,05 sehingga H_0B ditolak. 3) Tidak ada perbedaan interaksi antara jenis senam Lansia dan IMT terhadap keseimbangan dinamis Lansia, dapat dilihat pada nilai Sig=0,486>0,05. Dengan demikian H_0AB diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan pengaruh latihan Senam Sang Surya dan Senam Sehat Indonesia terhadap keseimbangan dinamis Lansia, dengan hasil Senam Sehat Indonesia lebih berpengaruh terhadap keseimbangan dinamis Lansia dibandingkan Senam Sang Surya.2) Terdapat perbedaan keseimbangan dinamis antara Lansia yang memiliki IMT overweight, normal, dan underweight, dengan hasil pada Lansia yang memiliki IMT normal terjadi peningkatan keseimbangan dinamis yang lebih baik dibandingkan Lansia yang memiliki IMT Overweight dan Underweight. 3) Tidak terdapat interaksi antara jenis senam Lansia dan IMT terhadap keseimbangan dinamis Lansia. Kata kunci: Senam Sang Surya, Senam Sehat Indonesia, Indeks Massa Tubuh, Keseimbangan Dinamis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 03 Nov 2016 10:41
    Last Modified: 03 Nov 2016 10:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28194

    Actions (login required)

    View Item