Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dengan Pendekatam Scientific pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

ROKIM, ANDREAN FAJAR (2016) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dengan Pendekatam Scientific pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (926Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andrean Fajar Rokim. K1312008. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWAKELAS XI MIA SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah pembelajaran matematika menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang diberikan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Scientific atau model pembelajaran konvensional pada materi aplikasi turunan fungsi. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik pada materi aplikasi turunan fungsi. (3)pada masing-masing kategori gaya belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Scientific atau siswa dengan model pembelajaran konvensional pada materi aplikasi turunan fungsi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dimana kelas eksperimen terdapat 28 siswa dan kelas kontrol terdapat 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Tengah Semester II matematika wajib, metode angket untuk data gaya belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi aplikasi turunan fungsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) siswa yang diberikan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Scientific memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional, (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan gaya belajar visual maupun kinestetik, (3) pada masing-masing kategori gaya belajar, siswa yang diberikan model pembelajaran GI (Group Investigation) dengan pendekatan Scientificmenghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional pada materi aplikasi turunan fungsi. Kata kunci : Group Investigation, pendekatan Scientific, gaya belajar, aplikasi turunan fungsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 03 Nov 2016 10:16
    Last Modified: 03 Nov 2016 10:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28184

    Actions (login required)

    View Item