Strategi Pemasaran Bisnis Surat dan Paket PT Pos Indonesia (Persero) Regional VI

ANGGRAENI, ELA (2016) Strategi Pemasaran Bisnis Surat dan Paket PT Pos Indonesia (Persero) Regional VI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3652Kb)

    Abstract

    ELA ANGGRAENI, D1513025, STRATEGI PEMASARAN BISNIS SURAT DAN PAKET PT POS INDONESIA (PERSERO) REGIONAL VI. Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, ProgramDiploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015, 82 Halaman. Era Globalisasi menyebabkan dunia semakin sempit. Banyak perusahaan akan sangat memerlukan kemudahan untuk mencapai ke seluruh penjuru negeri dan penjuru dunia dengan mudah. Jasa pengiriman adalah jawaban yang dapat membuat para penguasaha yang ingin mengedarkan barang ataupun dokumen dengan cepat ke penjuru tempat yang diiginkan. Perusahaan dengan jasa pengiriman ini akan sangat memerlukan strategi pemasaran untuk menjaring pelanggan yang bergerak dalam dunia bisnis. Hal ini di karenakan faktor bahwa strategi pemasaran merupakan keseluruhan perencanaan strategic yang bertujuan memuaskan konsumen dan meningkatkan volume penjualan. Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui strategi pemasaran bisnis surat dan paket di PT Pos Indonesia (Persero) Regional VI. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini mengambil lokasi di Kantor Regional VI PT Pos Indonesia (Persero). Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), peristiwa atau aktifitas, dokumen dan arsip, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah penyusunan strategi pemasaran dalam segi bisnis yaitu menarik pelanggan bisnis. Hal yang pertama dilakukan dalam strategi pemasaran adalah melihat kebutuhan pasar terlebih dahulu. Kemudian menentukan segmen pasar yang akan dituju yaitu segmen pasar bisnis. Dengan menetapkan segmen pasar bisnis maka dalam menetapkan target pasar dari penetapan strategi memilih perusahaan, pedagang online shop, dan penjual makanan khas. Dengan memilih target yang sesuai dengan segmen pasar bisnis maka posisi pasar yang akan secara otomatis menjadi label untuk produk bisnis itu sendiri di tengah masyarakat. Maketing mix dalam strategi pemasaran akan secara otomatis mengikuti alur dari segmentasi, targeting dan positiong hal ini di karenakan dalam penentuan produk, tempat, harga, dan promosi sesuai dengan segmen pasar bisnis. Strategi pemasaran juga mempertimbangkan proses dalam peredaran baran/jasa serta kepuasan pelanggan adalah hasil yang di harapkan dari strategi pemasaran tersebut, sehingga nilai yang di harapkan untuk produknya dapat memuaskan. Kata Kunci : Bisnis, Strategi Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 02 Nov 2016 22:03
    Last Modified: 02 Nov 2016 22:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28175

    Actions (login required)

    View Item