SIGNIFIKASI PRODUCTION ASSISTANT DALAM PROGRAM REALITY SHOW BERBAGI KEBAIKAN DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV)

DWI CAHYONO, ANDRI (2016) SIGNIFIKASI PRODUCTION ASSISTANT DALAM PROGRAM REALITY SHOW BERBAGI KEBAIKAN DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (561Kb)

    Abstract

    Andri Dwi Cahyono, NIM D1413010, D3 Komunikasi Terapan Minat Penyiaran, Signifikasi Production Assistant Dalam Program Reality Show Berbagi Kebaikan di PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV), Tahun 2016. Televisi adalah salah satu media informasi yang memiliki peranan utama dalam menyalurkan gagasan dan informasi kepada khalayak dengan jangkauan siaran yang luas. Hal ini menjadikan dunia industri televisi semakin marak sehingga banyak stasiun televisi memunculkan persaingan dan situasi yang kompetitif untuk dapat merebut perhatian pemirsa dengan cara menyuguhkan tayangan-tayangan yang menarik banyak khalayak. PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) adalah stasiun televisi swasta yang memperoleh ijin siaran pada Oktober 1998 setelah dinyatakan lulus dari uji kelayakan yang dilakukan oleh tim antar departemen pemerintah. Visi dan misi TRANS TV yaitu menjadi televisi yang terbaik di Indonesia dan sebagai wadah gagasan dan aspirasi masyarakat. TRANS TV selalu menayangkan program-program dengan tampilan dan gaya yang inovatif, berbeda dan kreatif sehingga menjadi trendsetter di industri televisi. Berbagai macam paket acara yang ditawarkan oleh TRANS TV seperti Reality Show, Talkshow, Infotainment, dan masih banyak program acara yang ada. Salah satu tayangan yang dianggap membawa angin segar bagi industri televisi adalah jenis program Reality Show. Berbagi Kebaikan merupakan salah satu program acara Reality Show TRANS TV yang menyuguhkan sebuah tayangan social experiment yang berkaitan dengan kepedulian masyarakat terhadap sesama dalam bermasyarakat. Pada kesempatan KKM ini, penulis berkesempatan untuk mendapat peran magang sebagai Production Assistant (PA) pada program Reality Show Berbagi Kebaikan di PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV). Pengetahuan mengenai profesi PA diakui sebagai hal baru bagi penulis dalam menggeluti dunia broadcasting atau penyiaran. PA memegang peranan dan tanggung jawab yang sangat penting dalam produksi sebuah acara televisi baik pada pra produksi hingga paska produksi, khususnya pada bagian teknis dan operasional. Pada hakikatnya program acara televisi dibagi menjadi dua bagian besar yaitu pertama program informasi yang terdiri atas Hard News (Straight News, Feature, Infotainment,); Soft News (Current Affair, Magazine, Documenter, Talkshow) dan yang kedua adalah program hiburan antara lain Drama (Sinetron, Film); Permainan (Quiz Show, Ketangkasan, Reality Show). Penulis telah melaksanakan berbagai macam kegiatan KKM yang bersifat rutin hingga insidentil selama kurang lebih 2 (dua) bulan dimulai dari tanggal 22 Februari 2016 hingga 22 April 2016. Selama pelaksanaan KKM, penulis mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam proses produksi program reality show berbagi kebaikan sebagai PA. Budaya kerja yang diterapkan di TRANS TV adalah saling menghargai kerjasama dan kebersamaan. (Kata kunci: televisi, reality show, production assistant)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 02 Nov 2016 21:22
    Last Modified: 02 Nov 2016 21:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28158

    Actions (login required)

    View Item