PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi)

FATMAWATI, LALIK (2016) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (578Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lalik Fatmawati. K5412044. “PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi)”. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh video pembelajaran berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada Materi Litosfer peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi, (3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar geografi terhadap hasil belajar geografi peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian desain faktorial Two factor design yang sering disebut dengan faktorial 2 x 2. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang terbagi dalam kelompok kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA) Dua Jalan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Video pembelajaran berbatuan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar geografi peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi, (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar geografi peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi, (3) Ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi peserta didik Kelas X SMA Islam 1 Surakarta pada materi pokok Menganalisis Dinamika dan Kecenderungan Perubahan Lithosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 20:52
    Last Modified: 02 Nov 2016 20:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28150

    Actions (login required)

    View Item