Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Kegiatan Sains Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2015

PUSPITA W, IUD (2016) Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Kegiatan Sains Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (497Kb)

    Abstract

    Iud Puspita Wijianingsih. UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI KEGIATAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK/ RA MASYITOH IV SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta yang berjumlah 19 anak. Sumber datanya yaitu anak, guru dan kepala sekolah, kuesioner orang tua, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 dari prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal anak dalam keterampilan bercerita pada prasiklus adalah sebesar 6 anak atau 31,58% yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 9 anak atau 47,37% mencapai ketuntasan dalam keterampilan bercerita. Pada siklus II ketuntasan klasikal pada keterampilan bercerita anak meningkat menjadi 15 anak atau 78,95%. Simpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan sains dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan bercerita anak kelompok A TK/ RA Masyitoh IV Surakarta. Kata kunci: keterampilan bercerita, kegiatan sains, metode eksperimen, ABSTRACT Iud Puspita Wijianingsih. TO IMPROVE STORYTELLING SKILL THROUGH SCIENCE ACTIVITY WITH EXPERIMENT METHOD AT GROUP A CHILDREN OF MASYITOH IV SURAKARTA KINDERGARTEN IN ACADEMIC 2015/ 2016. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher and Education Sebelas Maret University of Surakarta. The objective of this research is to improve storytelling skill through learning science activity withexperiment method at group A children of Masyitoh IV Surakarta Kindergarten in Acamedic Year 2015/ 2016.This research represented the classroom action research (CAR) is implemented in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects were children at group A of Masyitoh IV Surakarta totaling 19 children Source of data derived from the teacher, children, parents and document. Data collection techniques used in the form of observation, interviews, documentation, test performance, and questioner. The validity of the data use source triangulation and techniques triangulation. The analysis of data used interactive model that consist of data collection, data reduction, data display and conclusion. The results of the research shows that through science activity with experiment method can improve storytelling skill at group A children of Masyitoh IV Surakarta Kindergarten from precycle to the first cycle, and from the first cycle to the second cycle. The completeness classically children in storytelling skillin precycle amounted to31,58% or 6 children who achieve complete criteria. First cycle is 47,37% or 9 children reached complete criteria. The second cycle in the classical reached complete criteria storytelling skill is 78,95% or 15 children reached completed criteria. The conclusions of the research is through science activity with experiment methodcan improve the storytelling skill at group A children of Masyitoh IV Surakarta Kindergarten Academic Year 2015/ 2016. Keywords: Storytelling skill, science activity, experiment method

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 20:13
    Last Modified: 02 Nov 2016 20:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28138

    Actions (login required)

    View Item