Rancang Bangun Mesin Dowel Untuk Pembuatan Kayu Silinder Dengan Diameter 10 Sampai 20 mm Untuk Industri Gagang Sapu Dan Sangkar Burung (Proses Produksi)

Wijayanto, Kurniawan (2016) Rancang Bangun Mesin Dowel Untuk Pembuatan Kayu Silinder Dengan Diameter 10 Sampai 20 mm Untuk Industri Gagang Sapu Dan Sangkar Burung (Proses Produksi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (162Kb)

    Abstract

    KURNIAWAN WIJAYANTO, 2016, RANCANG BANGUN MESIN DOWEL UNTUK PEMBUATAN KAYU SILINDER DENGAN DIAMETER 10 SAMPAI 20 MM UNTUK INDUSTRI GAGANG SAPU DAN SANGKAR BURUNG BAGIAN PROSES PRODUKSI Program Studi Diploma III Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah merancang dan membuat mesin dowel penyerut kayu silindris. Pembuatan alat ini berfungsi untuk mengefisienkan waktu dan tenaga agar mempermudah pengrajin kayu untuk menyerut kayu berbentuk silindris. Tahap perancangan dimulai dengan melihat alat penyerut kayu yang sudah ada di pasaran. Tahap selanjutnya adalah perencanaan yaitu meliputi, perancangan gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan Adapun komponen-komponen mesin dowel ini adalah rangka, pully, poros, pisau pemotong, pillow block, sabuk V, Mur dan baut. Hasil perancangan Mesin dowel ini memiliki spesifikasi Kayu untuk diserut dengan 10 mm sampai 18 mm dengan panjang maksimal 150 cm. Menggunakan penggerak motor listrik 1/2 HP dengan poros 25 mm. Alat penyerut ini dapat menyerut kayu menjadi silindris dengan panjang 100 cm secara merata dalam waktu 1 menit. Poros yang di gunakan mengunakan bahan ST 37. Kata kunci : Poros, pulley,Penyerut kayu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Mesin
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 02 Nov 2016 19:53
    Last Modified: 02 Nov 2016 19:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28131

    Actions (login required)

    View Item