PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG SLAMET RIYADI

FAJAR, NISRINA FITRIA (2016) PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG SLAMET RIYADI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (648Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk. KANTOR CABANG SLAMET RIYADI SOLO PER 31 DESEMBER 2015 NISRINA FITRIA FAJAR NIM F3313075 Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Kepemilikan tempat tinggal tersebut dapat diperoleh melalui kredit pemilikan rumah (KPR). BTN memiliki fokus bisnis pada KPR adanya risiko kredit bermasalah pada kredit pemilikan rumah tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu PT. BTN (Persero) Tbk. Kantor Cabang Slamet Riyadi Solo melalukan langkah-langkah penanganan kredit bermasalah untuk meminimalisir tingkat kerugian dan memperbaiki kualitas kreditnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah pada KPR dan untuk mengetahui penangan yang dilakukan dalam terhadap kredit bermasalah KPR. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung dan wawancara dengan staff PT. BTN (Persero) Tbk. Kantor Cabang Slamet Riyadi Solo. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dapat diperoleh adalah faktor yang menyebabkan kredit bermasalah pada KPR terdiri dari faktor internal bank, faktor dari debitur serta faktor eksternal dari keduanya. Penanganan kredit bermasalah dilakukan dengan melakukan beberapa cara terdiri dari penanganan secara litigasi maupun non-litigasi. Kata Kunci : penanganan kredit, kredit bermasalah, kredit pemilikan rumah (KPR)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 02 Nov 2016 13:00
    Last Modified: 02 Nov 2016 13:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28108

    Actions (login required)

    View Item