PEMANFAATAN SISTEM KLASIFIKASI E-DDC DI PERPUSTAKAAN SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO

P, Nina Agustin (2016) PEMANFAATAN SISTEM KLASIFIKASI E-DDC DI PERPUSTAKAAN SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1222Kb)

    Abstract

    ABSTRAKSI NINA AGUSTIN PRABAWATI, 2016, D1813053, “PEMANFAATAN SISTEM KLASIFIKASI E-DDC DI PERPUSTAKAAN SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO” Kuliah Kerja PUSDOKINFO ini mengambil lokasi di SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo ini untuk memenuhi Tugas Akhir Program Diploma III Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2016. Pelaksanaan Kuliah Kerja PUSDOKINFO ini dilaksanakan tanggal 1 Februari samapi 31 Maret 2016. Tujuan penulisan laporan akhir ini adalah memberikan gambaran mengenai manfaat menggunakan aplikasi e-DDC dalam proses pengklasifikasian buku di perpustakaan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; metode observasi, metode wawancara dan studi pustaka. Tugas Akhir ini menitik beratkan pada pemanfaatan e-DDC bagi pustakawan agar sedikit meringankan tugas di perpustakaan dan mempermudah pustakawan dalam pengkalsifikasi buku, hambatan-hambatan yang terjadi dalam penerapan aplikasi e-DDC, cara mengatasi hambatan dalam penerapan aplikasi e-DDC di Perpustakaan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Adapun pemanfaatan sistem aplikasi e-DDC di Perpustakaan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, hambatan yang terjadi dalam penerapan aplikasi e-DDC adalah minimnya pengetahuan SDM tentang klasifikasi, kurangnya pelatihan khusus tentang klasifikasi untuk pustakawan. Sedangkan cara mengatasi hambatan penerapan aplikasi e-DDC adalah Pustakawan harus aktif dalam mencari informasi tentang pelatihan maupun seminar yang berhubungan dengan ilmu perpustakaan, mengadakan pelatihan untuk pustakawan agar lebih memahami tentang klasifikasi DDC. Adapun kesimpulan yang dapat penulis berikan secara garis besar adalah bahwa E-DDC agar lebih praktis dalam menentukan nomor klasifikasi dibandingan dengan DDC. Sedangkan saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan Perpustakaan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, diantaranya sebagai berikut:1) Menambah tenaga kerja pustakawan, dengan menambah ustakawan akan mempercepat dan meringankan pengolahan bahan pustaka buku di Perpustakaan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. 2) Seluruh pengelola perpustakaan harus memiliki rasa peduli dengan perkembangan perpustakaan sebagai pusat informasi. 3) Sebaiknya pihak Kepala Sekolah lebih memperhatikan dan mengoptimalkan sarana prasarana perpustakaan penunjang sistem otomasi perpustakaan. 4) Perlu meningkatkan kedisiplinan baik petugas perpustakaan maupun pengguna. 5) Untuk menunjang kegiatan dalam perpustakaan, staf diharapkan sering mengikuti seminar-seminar ataupun pelatihan yang berhubungan dengan ilmu perpustakaan.. Kata kunci: Perpustakaan, Klasifikasi, DDC, e-DDC

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 02 Nov 2016 12:43
    Last Modified: 02 Nov 2016 12:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28102

    Actions (login required)

    View Item