Dinamika n-nh4+, n-no3- dan potensial nitrifikasi tanah Di alfisols, jumantono dengan berbagai perlakuan kualitas seresah (albisia falcataria (sengon laut) dan swietenia mahogani (mahoni)

Anggrahini , Novia (2010) Dinamika n-nh4+, n-no3- dan potensial nitrifikasi tanah Di alfisols, jumantono dengan berbagai perlakuan kualitas seresah (albisia falcataria (sengon laut) dan swietenia mahogani (mahoni). Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (437Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas seresah pangkasan (berdasarkan kandungan polifenol dan lignin) terhadap dinamika N-NH4+ dan N-NO3- tanah dan potensial nitrifikasi tanah. Seresah berkualitas tinggi apabila mempunyai nisbah C/N <25, kandungan lignin <15% dan polifenol <3% sehingga cepat terdekomposisi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2008 sampai Februari 2009, di laboratorium kimia tanah, laboratorium Biologi tanah, dan kebun percobaan Fakultas Pertanian UNS di Jumantono, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian percobaan lapang dengan hubungan fungsional yang pendekatan variabelnya berdasarkan nondestructif sampling dan menggunakan rancangan dasar rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) faktor tunggal. Faktor penambahan seresah Albisia falcataria yang mewakili kualitas tinggi (kandungan lignin 30.1%, polifenol 15.11%), seresah Swietenia mahogani yang mewakili kualitas rendah (kandungan lignin 16.86%, polifenol 25.26%), dan seresah campuran (Albisia + Swietenia) dengan dosis 5 Mg/ha, 10 Mg/ha, 15 Mg/ha. Analisis data menggunakan Uji F (untuk data normal) dan Kruskal-Wallis (untuk data tidak normal), kemudian uji DMR 5% (untuk data normal) dan Mood Median (data tidak normal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan seresah campuran mulai menghambat nitrifikasi pada minggu 13. Konsentrasi NH4+ dari penambahan seresah Albisia falcataria, Swietenia mahogani dan seresah campuran menurun dari minggu 4 sampai minggu 10 dan meningkat pada minggu 13. Konsentrasi NO3- dari penambahan seresah Albisia falcataria, Swietenia mahogani dan seresah campuran berfluktuasi, meningkat pada minggu 1 dan menurun pada minggu 4. Penambahan seresah Albisia falcataria, Swietenia mahogani, dan seresah campuran meningkatkan pembentukan NO2- mulai minggu 4. Pemberian seresah Albisia falcataria, Swietenia mahogani, dan seresah campuran mulai termineralisasi pada minggu 10 dan nitrifikasi mulai terjadi pada minggu 7. Berdasarkan uji perbandingan waktu inkubasi pada penambahan seresah Albisia falcataria, Swietenia mahogani dan seresah campuran berbeda nyata dalam pembentukan NH4+, namun tidak berbeda nyata dalam pembentukan NO2- dan NO3-.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username anggit
    Date Deposited: 25 Nov 2010 20:42
    Last Modified: 25 Nov 2010 20:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/281

    Actions (login required)

    View Item