MENGAMATI KINERJA PERUSAHAAN TAKSI KONVENSIONAL SEIRING DENGAN MUNCULNYA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE DARI SUDUT PANDANG INVESTOR (STUDI KASUS PT. BLUE BIRD, Tbk & PT. EKSPRESS TRASINDO UTAMA, Tbk)

MUTIARANI, NIKI NONY (2016) MENGAMATI KINERJA PERUSAHAAN TAKSI KONVENSIONAL SEIRING DENGAN MUNCULNYA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE DARI SUDUT PANDANG INVESTOR (STUDI KASUS PT. BLUE BIRD, Tbk & PT. EKSPRESS TRASINDO UTAMA, Tbk). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1125Kb)

    Abstract

    ABSTRAK MENGAMATI KINERJA PERUSAHAAN TAKSI KONVENSIONAL SEIRING DENGAN MUNCULNYA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE DARI SUDUT PANDANG INVESTOR (STUDI KASUS PT. BLUE BIRD, Tbk & PT. EKSPRESS TRASINDO UTAMA, Tbk) Niki Nony Mutiarani F3313074 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kinerja perusahaan taksi konvensional sejak IPO hingga pengaruh terjadinya peristiwa demonstrasi sopir taksi pada 22 Maret 2016 terhadap kondisi harga saham PT. Blue Bird, Tbk dan PT. Express Trasindo, Tbk. Selain itu, juga mengamati kondisi persaingan taksi konvensional seiring dengan adanya transportasi berbasis aplikasi online di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Dengan memperhatikan faktor internal (laporan keuangan) dan faktor eksternal perusahaan. Faktor internal perusahaan dilihat dengan memperhitungkan rasio profitabilitas dan rasio pasar perusahaan atas laporan keuangan yang diperoleh dari website BEI. Faktor eksternal perusahaan dilihat dari kondisi makro perekonomian dan industri transportasi khususnya taksi di Indonesia. Secara keseluruhan dari hasil penelitian PT. Blue Bird, Tbk mempunyai kinerja keuangan yang lebih baik dibandingkan PT. Express Trasindo, Tbk. Selain itu trend harga saham kedua perusahaan bersifat kurang representatif atau kurang sesuai dengan kondisi fundamental perusahaan. Hal ini dikarenakan kedua perusahaan baru go public di BEI. Sehingga, harga sahamnya cenderung fluktuatif terpengaruh oleh isu yang ada di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitan, penulis memberikan saran kepada calon Investor untuk investasi jangka panjang mempertimbangkan kondisi fundamental perusahaan. Sedangkan untuk trader harus aktif mengamati trend saham, karena nilainya dapat berubah-ubah dipengaruhi isu yang beredar. Kata kunci : Kinerja Perusahaan Taksi, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Harga saham

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 02 Nov 2016 12:28
    Last Modified: 02 Nov 2016 12:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28099

    Actions (login required)

    View Item