HUBUNGAN ANTARA PERILAKU OBSESIF KOMPULSIF DENGAN DEPRESI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

WIRASWESTI, MIFTA (2016) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU OBSESIF KOMPULSIF DENGAN DEPRESI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (591Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (591Kb)

      Abstract

      Latar Belakang: Obsesif kompulsif memiliki prevalensi 2% sampai 3% seumur hidup, di mana 2/3 pasien memiliki onset gejala sebelum 25 tahun serta menjadi diagnosis psikiatri keempat setelah fobia, gangguan berhubungan zat, dan gangguan depresif berat. Depresi memiliki prevalensi seumur hidup sekitar 15%. Tekanan dari perilaku obsesif kompulsif yang timbul menahun diperkirakan dapat menyebabkan depresi, di mana prevalensi seumur hidup untuk gangguan depresif berat pada pasien dengan gangguan obsesif kompulsif adalah sekitar 67%. Belum ada penelitian serupa yang dilakukan di Indonesia. Metode Penelitian: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dari besar populasi sebanyak 699 orang. Analisis data menggunakan program SPSS for Windows versi 20.0 dengan model analisis korelasi Spearman dan Mann-Whitney. Hubungan variabel ditunjukkan oleh koefisien korelasi dan kemaknaan ditunjukkan dengan nilai p. Hasil Penelitian: Dari jumlah sampel sebanyak 537 orang (153 pria dan 384 wanita) dengan usia 16-24 tahun dilakukan uji korelasi Spearman dengan nilai p < 0,001 dan r = 0,281. Uji komparasi Mann-Whitney dilakukan dengan membandingkan skor depresi antara responden dengan gangguan obsesif kompulsif dan responden tanpa gangguan obsesif kompulsif dengan nilai p < 0,001 dan odds ratio sebesar 8,6. Simpulan: Terdapat hubungan baik korelatif maupun komparatif antara perilaku obsesif kompulsif dengan depresi pada mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QP Physiology
      Divisions: Fakultas Kedokteran
      Depositing User: Retno Andriani
      Date Deposited: 02 Nov 2016 12:21
      Last Modified: 02 Nov 2016 12:21
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28091

      Actions (login required)

      View Item