PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU KELAS VIII SMP DI SURAKARTA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANPROSES SAINS (KPS) PADA TEMA MATA SEBAGAI ALAT OPTIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KHUSNA, NURYA (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA TERPADU KELAS VIII SMP DI SURAKARTA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANPROSES SAINS (KPS) PADA TEMA MATA SEBAGAI ALAT OPTIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (216Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) merancang tahapan pengembanganSubject Spesific Pedagogy (SSP) IPA Terpadu berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada tema Mata sebagai Alat Optik; (2)menilai kualitas SSP IPA Terpadu; (3)mengetahui efektivitas SSP IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah yaitu SMP N 2 Surakarta, SMP N 15 Surakarta, dan SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tahapan pengembangan SSPdilaksanakan dalam empat tahap, yaitu pemeriksaan pendahuluan meliputi analisis kebutuhan guru di lapangan; penyesuaian teoritis ; uji empiris yang meliputi uji validitas, uji coba produk skala terbatas, menengah, dan luas; proses dan hasil dokumentasi, analisa dan refleksi; (2)produk SSP IPA Terpadu yang terdiri dari silabus, RPP, media pembelajaran (LKS), dan penilaian berbasis model inkuiri terbimbing dinyatakan layak untuk digunakan; (3)produk SSP IPA Terpadu dinyatakan efektif berdasarkan analisis uji t. Produk SSP IPA Terpadu efektif digunakan di SMP N 2 Surakarta dan SMP N 15 Surakarta dengan kategori sekolah tinggi dan sedang. Sedangkan produk SSP tidak efektif saat diterapkan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dengan kategori sekolah rendah. Kata Kunci: Subject Spesific Pedagogy, IPA Terpadu, Keterampilan Proses Sains

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 02 Nov 2016 09:44
    Last Modified: 02 Nov 2016 09:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28080

    Actions (login required)

    View Item