Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Oleh Calon Mahasiswa Di Kodya Surakarta

ZUHRIYAH, (2005) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Oleh Calon Mahasiswa Di Kodya Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (424Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya persaingan dalam dunia pendidikan tinggi. Daya tampung perguruan tinggi negeri yang sangat terbatas telah menyebabkan para calon mahasiswa mencari lembaga pendidikan alternatifdan berhadapan dengan perguruan tinggi swasta. Kondisi ini menyebabkan banyak bermunculan perguruan-perguruan tinggi swasta yang pada akhirnya memicu meningkatnya intensitas persaingan antar penyedia jasa pendidikan tinggi. Keadaan ini menyebabkan perguruan tinggi dituntut untuk bisa menerapkan stategi pemasaran yang tepat dengan berusaha menawarkan jasa pendidikan tinggi yang sesuai dengan yang diharapkan calon konsumen. Perguruan tinggi perlu mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat dalam bentuk kombinasi marketing mix yang tepat untuk memenangkan persaingan. Berkaitan dengan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan dua permasalahanyaitu apakah bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi swasta oleh calon mahasiswa di Kodya Surakarta dan jika bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan variabel manakah yang paling berpengaruh. Hipotesis yang diajukan dari perumusan masalah tersebut adalah bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi swasta oleh calon mahasiswa di Kodya Surakarta dan produk merupakan faktor yang paling berpengaruh. Penelitian ini dilakukan dengan metode surveidimana data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tiga SMU se Kodya Surakarta yang kemudian dikelompokkan berdasarkan asal sekolah mereka. Responden diambil darisekolah yang terpilih menjadi sampel yaitu SMU N 3 Surakarta dan SMU Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionatestratified random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yang terdiri dari uji F, uji determinasi dan uji t. Dari penelitian yang dilakukan didapat hasil bahwa semua variabel baik secara terpisah maupun bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi swasta oleh calon mahasiswa di Kodya Surakarta. Dengan demikian hipotesis pertama terbukti. Faktor yangpaling berpengaruh adalah produk sehingga hipotesis kedua terbukti.ii Berdasarkan hasil analisis di atas maka penulis menyarankan beberapa hal. Yang pertama karena bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan maka perguruan tinggi swasta harus dapat menerapkan strategi yang tepat baik untuk produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, fasilitas fisik maupun proses pendidikan tinggi sehingga dapat memberi rangsangan pada calon konsumen. Yang kedua karena produk merupakan faktor yang paling berpengaruh maka perguruan tinggi swastaharus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produknya untuk dapat menarik calon mahasiswa diantaranya dengan menawarkan program- program baru dan usaha peningkatan akreditasi. Untuk penelitian selanjutnya hendaklah diteliti variabel-variabel lain selain bauran pemasaran.Selain itu hendaklah dilakukan perluasan pengambilan sampel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:18
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2808

    Actions (login required)

    View Item