PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA PUTRA KELAS VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Ganiyanto, Indra (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA PUTRA KELAS VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (180Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Indra Ganiyanto. K4612078. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PADA SISWA PUTRA KELAS VII C SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang senam lantai dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI ( Team Assisted Individualization) pada siswa putra kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta yang berjumlah 24 Siswa yang terdiri dari 24 siswa putera. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dengan menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui Penerapan model pembelajaran Tipe TAI ( Team Assisted Individualization ) dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang dari data nilai awal pembelajaran guling belakang ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar guling belakang pada Siklus I dari 24 siswa mencapai 66,67% atau sebanyak 16 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 87,5% atau 21 siswa telah mencapai kriteria tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Tipe TAI ( Team Assisted Individualization ) dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang pada siswa putra kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Kata Kunci: Hasil Belajar, Guling Belakang, Model Pembelajaran, Tipe TAI (Team Assisted Individualization). ABSTRACT Indra Ganiyanto. K4612078. IMPLEMENTATION OF LEARNING TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MODEL AIMS TO INCREASE LEARNING ACHIEVEMENT ON MALE STUDENTS OF SEVENTH C CLASS IN SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2015/2016. THESIS. Surakarta: TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY SEBELAS MARET SURAKARTA UNIVERSITY, JUNE 2016. This research aims to increase back roll in floor exercise learning achievement by implementing cooperative learning TAI ( Team Assisted Individualization) model on male students of seventh C class in SMP Islam Diponegoro Surakarta academic year 2015/2016. This research is classroom action research. It was done in two cycles; each cycle consists of planning, action research, observation, and reflection. The subject of this research was seventh C class of SMP Islam Diponegoro Surakarta which consists of 24 male students. Data resources came from teacher, students, and the researcher. Techniques collecting data were observation, test by using observation sheet, and documentation or archive. Validating the data used triangulation data technique. Analyzing data used descriptive technique based on qualitative analysis by percentage. The result of this research shows that through implementing learning TAI ( Team Assisted Individualization ) model can increase back roll learning achievement from the first scoring data back roll leaning to cycle 1 and from cycle 1 in which 24 students can increase achieve 66,67% or as many as 16 students pass the criteria minimum and cycle 2 increase up to 87,5% or as many as 21 students pass the criteria minimum with KKM score 75. The conclusion of this research is by implementing learning TAI ( Team Assisted Individualization) model can increase back roll in floor exercise achievement on students of seventh C class in SMP Islam Diponegoro Surakarta academic year 2015/2016. Key word: Learning achievement, back roll, learning method, TAI (Team Assisted Individualization) model.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 06:44
    Last Modified: 02 Nov 2016 06:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28063

    Actions (login required)

    View Item