PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ASSURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X PEMASARAN SMK PSM 1 KEDUNGGALAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BASUKI, ANDI (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ASSURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X PEMASARAN SMK PSM 1 KEDUNGGALAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (362Kb)

    Abstract

    Latar Belakang: Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan modul pembelajaran berbasis ASSURE pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar; 2) Menguji validitas modul pembelajaran berbasis ASSURE pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar; 3) Menganalisis keefektifan modul pembelajaran berbasis ASSURE terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar. Metode: Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahap yaitu 1) Penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan bentuk produk awal; 4) Uji coba kelompok kecil; 5) Revisi hasil uji coba; 6) Uji coba produk lebih luas; 7) Revisi terhadap produk akhir; 8) Uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis keefektifan modul melalui t-test. Hasil: Modul kewirausahaan dikembangkan dan didesain berdasarkan langkah ASSURE. Modul dikembangkan agar siswa dapat belajar secara mandiri dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta kreatif bagi siswa sehingga kegiatan pembelajaran semakin efektif. Hasil nilai dari validator ahli materi mencapai 88,1% dengan kategori sangat baik yang berarti modul valid dan layak digunakan, hasil nilai dari validator ahli media mencapai 89,2% dengan kategori sangat baik yang berarti modul valid dan layak digunakan dan hasil nilai dari validator ahli praktisi mencapai 89,90% dengan kategori sangat baik berarti modul valid dan layak digunakan. Keefektifan penerapan modul kewirausahaan berbasis ASSURE diperoleh dari nilai t hitung sebesar 8,795 dan nilai signifikansi sebesar 0,00. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran kewirausahaan berbasis ASSURE efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: pengembangan, modul, model ASSURE, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:26
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28052

    Actions (login required)

    View Item