PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA

ARWAN, ALFOURANDA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (857Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alfouranda Arwan Dewangga. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Lompat Jauh Gaya jongkok Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016”Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswakelas VII B SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari11 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada Siklus I dari 28peserta didik mencapai 64,28% atau sebanyak 18 siswa pada hasil belajar lompat jauh gaya jongkok memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pada Siklus II meningkat mencapai 85,71% atau sebanyak 24 siswa sudah memenuhi kriteria tuntas pada hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu dengan KKM 75. Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dibuktikan dengan tercapainya target oleh siswa kelas VII B SMP Negeri 16 tahun pelajaran 2015/ 2016 yaitu sebesar 60% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Kata Kunci :Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Model Pembelajaran Kooperatif TipeTGT (Teams Game Tournament) ABSTRACT Alfouranda Arwan Dewangga. “The TGT (Teams Games Tournaments) Type of Cooperative Learning Model Application to Improve Squat Style of long jump learning outcome in the VIIB graders of SMP Negeri 16 Surakarta in the school year of 2015/2016”. Thesis, Teacher Training and Education Faculty. Surakarta Sebelas Maret University. March, 2016. The objective of research was to improve the squat style of long jump learning outcome using TGT (Teams Games Tournaments) type of cooperative learning model in the VIIB graders of SMP Negeri 16 Surakarta in the school year of 2015/2016. This study was a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, each of which consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of research was the VIIB graders consisting of 28 students: 11 Male and 17 female. The data source derived from students, teacher, and collaborator. Techniques of collecting data used were test and observation. Data validation used was data triangulation technique. Data analysis was carried out using descriptive technique based on qualitative analysis with percentage. The result of analysis, it could be found the improvement in squat style of long jump learning outcome in cycle I in which out of 28 students, 18 or 64.28% fulfilled the successful passing criterion in squat style of long jump learning outcome. In cycle II 24 students or 85.71% had fulfilled the passing criterion in squat style of long jump learning outcome with KKM (Minimum Passing Criterion) of 75. Considering the result of research analysis above, it could be concluded that the application of TGT (Teams Games Tournament) could improve the squat style of long jump learning outcome indicated with the achievement of target by VIIB graders of SMP Negeri 16 Surakarta in the school year of 2015/2016, of 60% in cycle I and 80% in cycle II. Keywords: Learning Outcome, squat style of long jump, TGT (Teams Games Tournaments) type of cooperative learning model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:30
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28047

    Actions (login required)

    View Item