PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI OCEAN CAR WASH SURAKARTA)

SAID ALGHIFARI, MUH (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI OCEAN CAR WASH SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (245Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI OCEAN CAR WASH SURAKARTA) MUHAMMAD SAID ALGHIFARI F3211052 Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan telah mampu untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan di waktu yang akan datang. Semua itu dilihat dari 5 dimensi pelayanan yang terdiri dari tangibles, reliabilithy, responsiveness, assurence dan empathy.Kualitas pelayanan merupakan hal penting yang harus di penuhi oleh suatu perusahaan jasa, karena kualitas pelayanan menjadi tolok ukur mengenai kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sendiri merupakan tujuan dari suatu perusahaan jasa yang harus dicapai. Kepuasan dapat memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut telah mampu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan atau sebaliknya. Penelitian ini dilaksanakan di Ocean Car Wash Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Kuesioner dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yaitu pengambilan sampel secara nyaman dilakukan dengan memilih sampel bebas sesuai keinginan peneliti yaitusebanyak 100 responden yang diambil dari pelanggan Ocean Car Wash Surakarta.Sedangkan analisis data menggunakan studi diskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah semua dimensi yang di teliti telah mampu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Hendaknya pihak Ocean Car Wash tetap melakukan evaluasi atas kekurangan yang ada walaupun sedikit, terutama pada tampilan fisik pendukung usaha, kepastian waktu layanan, respon terhadap keluhan, dan perhatian kepada pelanggan, serta terus mempertahankan kinerja bagus yang telah ditunjukkan selama ini. Kata Kunci : Tangibles, Reliabilithy, Responsiveness, Assurence dan Empathy, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 01 Nov 2016 13:48
    Last Modified: 01 Nov 2016 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28044

    Actions (login required)

    View Item