PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK (MATERI SEBARAN DAERAH RAWAN BENCANA ALAM DI INDONESIA) KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Srirahmad I, Arif (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK (MATERI SEBARAN DAERAH RAWAN BENCANA ALAM DI INDONESIA) KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1157Kb)

    Abstract

    Arif Srirahmad Isnain. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK (MATERI SEBARAN DAERAH RAWAN BENCANA ALAM DI INDONESIA) KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, Think Pair Share dan Diskusi. 2) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik seletah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dan Diskusi. 3) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan Diskusi. 4) perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share pada (materi Sebaran Daerah Rawan Bencana Alam di Indonesia) kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental desain “Postest-Only Control Group Design”. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 2, X IPS 3 dan X IPS 4. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava Satu Jalan dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan hasil belajar Geografi peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, Think Pair Share, dan Diskusi dengan perolehan nilai Fobs > Fα; (2) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Diskusi; (3) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Diskusi; (4) hasil belajar Geografi yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang memiliki pengaruh paling besar adalah metode Two Stay Two Stray, disusul metode Think Pair Share, dan metode Diskusi. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Think Pair Share dan Hasil Belajar Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 01 Nov 2016 11:39
    Last Modified: 01 Nov 2016 11:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28031

    Actions (login required)

    View Item