PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DISERTAI VIDEO COMPACT DISK (VCD) DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DEWI, AGUSTIN KUMALA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DISERTAI VIDEO COMPACT DISK (VCD) DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agustin Kumala Dewi. K3309003. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DISERTAI VIDEO COMPACT DISK (VCD) DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KONSEP MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) minat siswa pada materi konsep materi dan perubahannya dengan menerapkan metode TGT disertai VCD dan TTS (2) prestasi belajar siswa pada materi konsep materi dan perubahannya dengan menerapkan metode TGT disertai VCD dan TTS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknologi Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode TGT disertai VCD dan TTS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR-2 SMK Muhammadiyah 2 Sragen pada materi konsep materi dan perubahannya. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase minat belajar siswa pada siklus I 68,78% dan pada siklus II 75,05%. (2) Penerapan metode TGT disertai VCD dan TTS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas kelas X TKR-2 SMK Muhammadiyah 2 Sragen pada materi konsep materi dan perubahannya. Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah ketuntasan belajar dan prestasi afektif. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 34,38% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat 90,62%. Pada aspek afektif, 73,17% pada siklus I dan 78,33% pada siklus II. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Teams Games Tournaments (TGT), VCD,TTS, minat belajar, konsep materi dan perubahannya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 01 Nov 2016 09:46
    Last Modified: 01 Nov 2016 09:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28021

    Actions (login required)

    View Item