STRATEGI PROMOSI BANK INDONESIA (BI) CORNER DI UPT PUSAT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA

AMIN, MUHAJIR HILALY (2016) STRATEGI PROMOSI BANK INDONESIA (BI) CORNER DI UPT PUSAT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2725Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhajir Hilaly Amin, D1813050, Strategi Promosi Bank Indonesia (BI) Corner di UPT Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam (IAIN) Surakarta UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta sebagai salah satu unit yang dimiliki oleh IAIN Surakarta berfungsi untuk mempublikasikan informasi yang ada di perpustakaan. Baik layanan maupun koleksi yang dimiliki. Untuk itu, IAIN Surakarta menempatkan fasilitas BI Corner di UPT Pusat Perpustakaan. Adanya BI Corner di UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta sebagai fasilitas pojok baca yang baru diresmikan pada 17 Maret 2016. Maka dari itu, kegiatan promosi sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan fasilitas yang ada di BI Coner kepada para sivitas akademika maupun masyarakat umum. Strategi promosi BI Corner yang telah dilakukan oleh UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta meliputi : (a) melalui GenBI, (b) Komunitas whatsapp dosen IAIN, (c) Website library garden (d) Facebook UPT Pusat Perpustakaan IAIN. Strategi promosi yang akan datang meliputi : (a) Brosur, (b) Buku panduan, (c) OPAC Perpustakaan, (d) Kegiatan-kegiatan BI Corner, (e) Forum BI Corner antar Perpustakaan. Masalah yang dihadapi dalam strategi promosi meliputi : (a) BI Corner termasuk layanan baru, (b) SDM yang kurang ahli dalam bidang promosi dan publikasi, (c) Kurangnya koordinasi antara UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta dengan Bank Indoensia dalam pengembangan BI Corner, (d) Rendahnya minat pemustaka terhadap promosi BI Corner. Cara mengatasi masalah meliputi : (a) Memberikan sosialiasi secara bertahap kepada mahasiswa dan masyarakat tentang keberadaan BI Corner, (b) Melakukan pelatihan kepada komunitas GenBI maupun staff perpustakaan dalam melakukan promosi BI Corner, (c) Melakukan komunikasi intens antara UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta dengan Bank Indonesia dalam hal pengembangan BI Corner, (e) Melakukan promosi BI Corner lebih banyak seperti rencana promosi yang akan dilakukan dimasa mendatang melalui OPAC Perpustakaan. Kata kunci : Strategi Promosi, BI Corner

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Nov 2016 19:46
    Last Modified: 07 Nov 2016 19:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28004

    Actions (login required)

    View Item