EVALUASI PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI DIVISI MATERI PADA CV. PUTRA NUGRAHA

WAHYUNINGSI, MAYASARI (2016) EVALUASI PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI DIVISI MATERI PADA CV. PUTRA NUGRAHA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (64Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI DIVISI MATERI PADA CV. PUTRA NUGRAHA MAYASARI WAHYUNINGSIH F3513045 Tugas akhir ini berisikan mengenai evaluasi penerapan saluran distribusi divisi materi pada CV. Putra Nugraha. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh divisi materi dalam pendistribusian produk mereka guna mencari solusi atas masalah penerapan saluran distribusi pada CV. Putra Nugraha dengan teori saluran distribusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah wawancara dengan kepala bagian divisi materi mengenai penerapan saluran distribusi pada divisi materi yang ada di CV. Putra Nugraha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara pengamatan langsung dan wawancara mengenai penerapan saluran distribusi. Berdasarkan pengamatan langsung dan wawancara, hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa CV. Putra Nugraha menerapkan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Saluran distribusi langsung digunakan oleh CV. Putra Nugraha pada saat perusahaan mendapatkan proyek pengadakan buku oleh pemerintah. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan adalah wilayah yang menjadi tujuan pendistribusian berada di daerah terpencil atau pelosok dan sulit dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Dalam saluran distribusi tidak langsung kendala yang dihadapi adalah rayonasi atau pembagian wilayah pasar yang kurang jelas. Saran yang diberikan adalah perusahaaan jika mendapat proyek pengadaan buku-buku oleh pemerintah sebaiknya memilih daerah yang mudah dijangkau oleh kendaraan jangan daerah yang terpencil agar proses pendistribusian produk mudah, tidak mengalami kesulitan, dan sampai ke tujuan dengan tepat waktu. Perusahaan baiknya membagi wilayah pasar untuk salesman. Apabila ada masalah rayonasi, perusahaan bisa mengundang dan mempertemukan salesman untuk menyelesaikan masalah dan membagi wilayah pasar dengan jelas. Kata kunci: Saluran Distribusi, Saluran Distribusi Langsung dan Tidak Langsung. ABSTRACT AN EVALUATION ON THE APPLICATION OF DISTRIBUTION CHANNEL IN MATERIAL DIVISION OF CV. PUTRA NUGRAHA MAYASARI WAHYUNINGSIH F3513045 This research contained an evaluation on the application of distribution channel in material division of CV. Putra Nugraha. The objective of research was to find out the constraints encountered by material division in distributing their product in order to look for solution to the problems with the application of distribution channel in CV. Putra Nugraha with distribution channel theory. The research method used in this study was a descriptive one. Data source used was the result of personal interview with the head of material division concerning the application of distribution channel in material division existing in CV. Putra Nugraha. The methods of collecting data used were direct observation and personal interview concerning the application of distribution channel. Considering direct observation and interview, the result of analysis showed that CV. Putra Nugraha applied direct and indirect distribution channels. Distribution channel was used by CV. Putra Nugraha when it got book procurement project from the government. The constraint the company encountered was distribution destination located in remote and affordable area. Mean while the constraint encountered n indirect distribution channel was unclear market area division. The recommendation given was that when getting book procurement from the government, the company should choose affordable areas rather than the remotes one to facilitate the product distribution process, so that it would not find difficulty and could reach the destination timely. The company should divide market area for salesman. When there was a problem with area division, the company could invite and confront the salesmen to solve this problem and to divide the market area clearly. Keywords: Distribution Channel, Direct and Indirect Distribution Channels

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 31 Oct 2016 19:29
    Last Modified: 31 Oct 2016 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27994

    Actions (login required)

    View Item