PENGARUH BATAS OTOMASI SUDUT STANG KEMUDI (STEER ANGLE) TERHADAP TIMING AUTO CANCEL SEIN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P

Eryandi, Kholid Yusuf (2016) PENGARUH BATAS OTOMASI SUDUT STANG KEMUDI (STEER ANGLE) TERHADAP TIMING AUTO CANCEL SEIN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (16Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh batas otomasi sudut stang kemudi (steer angle) terhadap timing auto cancel sein dan (2) untuk menemukan batas otomasi sudut stang kemudi (steer angle) yang paling sesuai untuk ditetapkan pada mikrokontroler ATmega328p. Sampel penelitian diambil dari populasi, peneliti mengambil sampel berupa sudut stang kemudi (steer angle). Sudut kemudi sepeda motor yang diteliti adalah sudut 1ᵒ, 2ᵒ, 3ᵒ, 4ᵒ dan 5ᵒ. Penelitian ini menggunakan uji jalan lintasan U-turn dengan radius 15 meter untuk mengukur timing ideal dan timing auto cancel sein dengan metode pengukuran menggunakan stopwatch untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan penyelidikan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama (1), terdapat perbedaan hasil timing auto cancel sein berdasarkan batas otomasi sudut stang kemudi (steer anglei). Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian data menunjukkan, bahwa ketika batas otomasi diubah maka data hasil kinerja auto cancel sein juga ikut berubah. Perubahan itu mengindikasikan bahwa batas otomasi sudut kemudi mempengaruhi kinerja auto cancel sein. kedua, (2). Batas otomasi yang paling sesuai untuk ditetapkan pada mikrokontroler adalah 3ᵒ, karena pada batas tersebut memiliki penyimpangan yang paling kecil, dengan nilai simpangan total sebesar 0.632.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 31 Oct 2016 17:17
    Last Modified: 31 Oct 2016 17:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27978

    Actions (login required)

    View Item