MOTIF, PENGGUNAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP TWITTER @tentangSolo DI KALANGAN FOLLOWERS TWITTER @tentangSolo (Studi Korelasional tentang Motif dan Penggunaan dengan Kepuasan terhadap Twitter @tentangSolo di Kalangan Followers Twitter @tentangSolo)

PURWANDARI, KATINA SETYA (2016) MOTIF, PENGGUNAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP TWITTER @tentangSolo DI KALANGAN FOLLOWERS TWITTER @tentangSolo (Studi Korelasional tentang Motif dan Penggunaan dengan Kepuasan terhadap Twitter @tentangSolo di Kalangan Followers Twitter @tentangSolo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (771Kb)

    Abstract

    Kemudahan akses internet sudah banyak dirasakan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk kota Solo. Kemudahan tersebut tentu dimanfaatkan pula oleh masyarakat Solo untuk mencari sekaligus berbagi informasi. Ada banyak akun Twitter penyedia sekaligus pertukaran informasi seputar Kota Solo, salah satunya adalah Twitter @tentangSolo. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification milik Katz, Blumler dan Gurevitch sebagai acuan, serta menggunakan pendekatan teori uses and gratification milik Jalaluddin Rakhmat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara motif dan kepuasan terhadap Twitter @tentangSolo dan juga ada tidaknya hubungan antara penggunaan dan kepuasan terhadap Twitter @tentangSolo di kalangan followers @tentangSolo. Lokasi penelitian ini adalah Twitter @tentangSolo. Persebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Twitter @tentangSolo. Teknik purposive sampling digunakan karena hanya pengguna aktif Twitter @tentangSolo saja yang bisa mengisi kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Rank Spearman, dengan taraf signifikansi sebesar 0,01. Diperoleh rhitung antara motif dan kepuasan menggunakan Twitter @tentangSolo sebesar 0,672. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan. Kedua, diperoleh rhitung antara penggunaan dan kepuasan menggunakan Twitter @tentangSolo sebesar 0,644. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif. Hasil rhitung keduanya sama-sama menunjukkan kuat hubungan yang cukup berarti, namun motif merupakan variabel yang lebih memberi pengaruh pada kepuasan dalam menggunakan Twitter @tentangSolo.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 31 Oct 2016 17:14
    Last Modified: 31 Oct 2016 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27977

    Actions (login required)

    View Item