Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu dalam Memecahkan Masalah Kesebangunan Berdasarkan Tahapan Wallas ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa

HUDAYA, CHOIRUL (2016) Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu dalam Memecahkan Masalah Kesebangunan Berdasarkan Tahapan Wallas ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (680Kb)

    Abstract

    Choirul Hudaya. PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 COLOMADU DALAM MEMECAHKAN MASALAH KESEBANGUNAN BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu dalam memecahkan masalah kesebangunan berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan didasarkan pada beberapa kriteria, yakni : (1) berada pada kategori tipe kepribadian yang akan diteliti (guardian, artisan, rational, idealis) dan (2) memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Dari hasil tes angket tipe kepribadian yang diujikan pada siswa diperoleh siswa yang memiliki tipe kepribadian kategori guardian, artisan, dan rational. Akhirnya diambil subjek untuk penelitian ini adalah satu orang untuk setiap kategori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Tugas dalam penelitian ini adalah Tes Pemecahan Masalah. Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : (1) Tahapan proses berpikir kreatif siswa tipe kepribadian guardian dalam memecahkan masalah kesebangunan adalah : (a) Pada tahap persiapan, siswa guardian mampu mengidentifikasi informasi dan mampu memahami masalah yang diberikan, (b) Pada tahap inkubasi, siswa guardian melakukan aktivitas berdiam diri sejenak dan membuat coret-coretan serta menggambarkan sketsa pada lembar jawab, (c) Pada tahap iluminasi, siswa guardian menyampaikan idenya dengan memanfaatkan materi yang telah didapatnya, (d) Pada tahap verifikasi, siswa guardian menerapkan ide yang telah diperolehnya dan mampu menemukan hasil yang benar; (2) Tahapan proses berpikir kreatif siswa tipe kepribadian artisan dalam memecahkan masalah kesebangunan adalah : (a) Pada tahap persiapan, siswa artisan mampu mengidentifikasi informasi yang diberikan dan mampu memahami masalah yang diberikan, (b) Pada tahap inkubasi, siswa artisan melakukan aktivitas berdiam diri sejenak dan membuat coret-coretan serta menggambar sketsa, (c) Pada tahap iluminasi, siswa artisan menyampaikan idenya untuk memecahkan masalah dengan memanfaatkan materi yang telah didapatnya, (d) Pada tahap verifikasi, siswa artisan menerapkan ide yang diperolehnya pada tahap iluminasi dan mampu memecahkan masalah yang diberikan tetapi kurang teliti dalam proses perhitungan; (3) Tahapan proses berpikir kreatif siswa tipe kepribadian rational dalam memecahkan masalah kesebangunan adalah : (a) Pada tahap persiapan, siswa rational mampu mengidentifikasi informasi yang diberikan dan mampu memahami masalah yang diberikan, (b) Pada tahap inkubasi, siswa rational melakukan aktivitas berdiam diri sejenak, membuat gambaran nyata memanfaatkan barang di sekitarnya, dan membuat coret-coretan serta menggambarkan sketsa, (c) Pada tahap iluminasi, siswa rational menyampaikan ide dengan memanfaatkan materi yang telah didapatnya, (d) Pada tahap verifikasi, siswa rational menerapkan ide yang telah diperolehnya dan mampu menemukan hasil yang benar. Kata kunci: proses berpikir kreatif, tahapan Wallas, tipe kepribadian, kesebangunan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 31 Oct 2016 14:09
    Last Modified: 31 Oct 2016 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27963

    Actions (login required)

    View Item