PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM (PASIR – ENDAPAN BENGAWAN SOLO – KOMPOS) TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT JEPANG ZOYCIA JAPONICA

SUNARKO, ABDUL ROHIIM (2016) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM (PASIR – ENDAPAN BENGAWAN SOLO – KOMPOS) TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT JEPANG ZOYCIA JAPONICA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    Sepak bola merupakan olahraga yang menjadi ikon dunia, termasuk di Indonesia. Olahraga ini dimainkan diatas lapangan rumput. Karena identik dengan vegetasi alami (rumput), maka permasalahan tidak hanya berhubungan dengan jenis rumputnya, melainkan media tanam yang digunakan serta iklim itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mendapatkan komposisi media tanam baru yang memberikan sifat-sifat tanah yang diinginkan rumput jenis Zoysia japonica. Komposisi media tanam yang digunakan terdiri dari presentase tanah (entisol), pasir dan kompos yang diharapkan mampu mencegah dari terjadinya genangan air disaat hujan dan mampu menghasilkan pertumbuhan rumput dengan optimal. Penelitian dilakukan dari bulan September sampai bulan Maret 2015 lahan belakang gedung D, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta dengan pengamatan lapangan pada pertumbuhan rumput dan analisis laboratorium pada media tanam. Penelitian menunjukkan perlakuan P70T20K10 (pasir 70%, tanah 20% dan kompos 10%) memberikan hasil terbaik, baik bagi pertumbuhan rumput jepang dari segi warna daun, daya tutupan, tinggi rumput Jepang dan memperbaiki sifat-sifat tanah (pH, BO, BV, KL dan KTK tanah).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:32
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27945

    Actions (login required)

    View Item