PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK MATERI POKOK GELOMBANG LONGITUDINAL DALAM BENTUK MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6

R, ABDUL AZIZ NUR (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK MATERI POKOK GELOMBANG LONGITUDINAL DALAM BENTUK MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2921Kb)

    Abstract

    Abdul Aziz Nur Rohman. K2310001. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK MATERI POKOK GELOMBANG LONGITUDINAL DALAM BENTUK MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS 6. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik gelombang dan optik materi gelombang longitudinal menggunakan aplikasi adobe flash CS 6 yang memenuhi kriteria baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang meliputi tahap (1) studi pendahuluan (2) Pengembangan Produk. Studi pendahuluan meliputi : studi pustaka, survey lapangan,analisis kebutuhan, penyusunan produk awal, dan uji ahli . Pengembangan Modul elekronik meliputi : uji lapangan kelompok kecil, kelompok terbatas, dan kelompok besar. Data dikumpulkan melalui lembar penilaian modul elektronik, tes, dan wawancara. Data dari lembar penilaian modul elektronik dianalisis dengan deskriptif. Hasil wawancara dianalisis dengan deskriptif. Data pre test dan post test dianalisis dengan persamaan gain ternormalisasi. Pengembangan modul elektronik memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi Adobe Flash CS 6 yang kemudian disimpan dalam file berektensi .swf . Modul yang dihasilkan terdiri dari 85 halaman dan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu: Halaman judul , peta konsep, tujuan,uraian materi, rangkuman, latihan soal, evaluasi, halaman daftar pustaka, dan penyusun. Pada penyajian setiap materi disertai dengan video/gambar motivasi agar menarik dan mempermudah dalam memahami materi. Latihan soal pada modul ini disusun secara interaktif untuk menunjang belajar secara mandiri. Hasil uji ahli dan pengguna menunjukan modul elektronik secara keseluruhan yang disusun tergolong sangat baik. Pada hasil uji gain diperoleh nilai 0,4 menunjukan modul memiliki kriteria berhasil (sedang).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 Oct 2016 20:44
    Last Modified: 30 Oct 2016 20:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27937

    Actions (login required)

    View Item