ANALISIS KESULITAN-KESULITAN YANG DIALAMI GURU EKONOMI SMA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PUTRIANI, MAYANG RISQI (2016) ANALISIS KESULITAN-KESULITAN YANG DIALAMI GURU EKONOMI SMA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (53Kb)

    Abstract

    Mayang Risqi Putriani. K7412112. ANALISIS KESULITAN-KESULITAN YANG DIALAMI GURU EKONOMI SMA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyebab sebagian besar guru ekonomi belum melakukan PTK; (2) upaya yang telah dilakukan pihak sekolah untuk mendorong dan mengatasi kesulitan yang dialami guru ekonomi melakukan PTK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus intrinsik dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data atau dokumen yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya. Teknik Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara terencana tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek dipilih secara purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependability dengan teknik analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan. Pada analisis di lapangan terdiri atas tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, penyebab sebagian besar guru ekonomi belum melakukan PTK dapat dikelompokkan menjadi dua yakni penyebab utama dan pendukung. Penyebab utama dikarenakan belum termotivasi untuk melakukan PTK. Penyebab pendukung adalah sebagai berikut: (a) mengalami kesulitan-kesulitan teknis dalam penyusunan PTK terkait dengan penyusunan rumusan masalah, kalimat ilmiah dan kajian teori, mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data dan menyusun lampiran yang dibutuhkan seperti nilai siswa, agenda mengajar, RPP, daftar siswa dan sebagainya; (b) adanya persepsi diri sibuk di dalam diri guru, PTK membutuhkan waktu yang lama dan anggaran dana yang cukup besar serta PTK dapat menjadi beban seorang guru; (c) adanya pelatihan PTK yang belum optimal; (d) kurangnya budaya membaca guru terkait buku penunjang kegiatan PTK; (e) kurangnya pengalaman guru dalam penelitian; (f) pengaruh usia dalam tindakan penelitian yang dilakukan oleh guru. Usia tersebut tidak berpengaruh sepenuhnya pada tindakan penelitian yang dilakukan guru. Ada faktor lain di luar faktor usia yang dapat mempengaruhi guru untuk melakukan PTK yaitu pengalaman guru, sikap guru dalam menyikapi peraturan yang berlaku dan motivasi guru untuk melakukan PTK. Kedua, upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mendorong guru melakukan PTK adalah dengan memberikan sosialisasi, menginformasikan pentingnya pelaksanaan PTK pada saat rapat dinas dan mengingatkan serta menggerakkan guru termasuk guru ekonomi agar bisa melakukan PTK. Upaya mengatasi kesulitan yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan menyediakan akses internet dan referensi buku PTK. Kata Kunci: Kesulitan PTK, Penyebab, Upaya Sekolah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 28 Oct 2016 11:10
    Last Modified: 28 Oct 2016 11:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27891

    Actions (login required)

    View Item