PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCETAK TIMBUL PADA MATA PELAJARAN SBK SISWA KELAS II SD N 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

ROHMAN, SAWAB PRIH (2016) PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MEDIA BAHAN ALAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCETAK TIMBUL PADA MATA PELAJARAN SBK SISWA KELAS II SD N 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (529Kb)

    Abstract

    Kata kunci: Explicit Instruction, Media Bahan Alam, SBK Penerapan Model Explicit Instruction dengan Media Bahan Alam dalam Peningkatan Pembelajaran SBK tentang Mencetak Timbul pada Siswa Kelas II SD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul. Hal ini dapat dilihat dari dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa pada siklus I persentase siswa yang memenuhi capaian target penilaian proses yaitu 60%, siklus II 88,89%, dan siklus III 100%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I = 45,71%, siklus II = 86,11% dan siklus III = 100%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Explicit Instruction dengan media bahan alam dapat meningkatkan pembelajaran SBK tentang mencetak timbul pada siswa kelas II SD N 2 Karangsari tahun ajaran 2015/2016

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 27 Oct 2016 11:22
    Last Modified: 27 Oct 2016 11:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27889

    Actions (login required)

    View Item