Pengaruh Pendidikan, Pekerjaa ibu, Pendapatan Keluarga dan Berat Badan Lahir terhadap Perkembangan Anak Prasekolah di TK Aisyiyah III Kadipiro

HARYANTI, RUSIANA SRI (2016) Pengaruh Pendidikan, Pekerjaa ibu, Pendapatan Keluarga dan Berat Badan Lahir terhadap Perkembangan Anak Prasekolah di TK Aisyiyah III Kadipiro. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    PENGARUH PENDAPATAN KELUARGA, PENDIDIKAN, PEKERJAAN IBU DAN BERAT BADAN LAHIR TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH III KADIPIRO Rusiana Sri Haryanti, Bhisma Murti, Eti Poncorini Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program PASCASARJANA UNS rusianamolyn@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang: Anak usia dibawah lima tahun merupakan generasi penerus bangsa. Tahapan perkembangan anak pada saat golden period memerlukan rangsangan/ stimulasi untuk meningkatkan potensi berkembangan anak. Karena itu kualitas tumbuh kembang balita di Indonesia perlu mendapat perhatian serius. Sebuah penelitian menyatakan bahwa lebih dari 200 juta anak dengan usia balita mengalami kegagalan dalam mencapai perkembangan yang optimal. Hal ini dikarenakan kemiskinan, kesehatan dan asupan gizi yang buruk (Mc. Gregor et al, 2007). Tujuan penelitian ini untuk mengalisis pengaruh pendapatan keluarga, pendidikan, pekerjaan ibu dan berat badan lahir terhadap perkembangan anak prasekolah di TK Aisyiyah III Kadipiro. Subjek dan Metode: Jenis penelitian adalah observasional analitik. Desain penelitian dengan menggunakan cross sectional. Penelitian dilaksanakan bulan Mei-Juni 2016 di TK Aisyiyah III Kadipiro dengan total sampling sejumlah 50 anak. Analisis data bivariat dengan uji chi square dan multivariat dengan regresi linier berganda. Hasil: Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hubungan pendapatan Keluarga dengan perkembangan anak prasekolah memiliki hubungan negatif, secara statistik tidak signifikan (OR=0.13; CI=95% 0.003-5.02; p=0.274). Hubungan pendidikan ibu dengan perkembangan anak prasekolah memiliki hubungan positif, secara statistik signifikan (OR=22.22; CI=95%; 1.35- 365.07; p = 0.030). Hubungan pekerjaan ibu dengan perkembangan anak prasekolah memiliki hubungan positif, secara statistik signifikan (OR= 96.18; CI=95%; 1.69-5644.84; p = 0.027). Hubungan berat badan lahir dengan perkembangan anak prasekolah memiliki hubungan positif, secara statistik signifikan (OR= 32.21; CI=95%; 1.76-588.84; p = 0.019). Kesimpulan: Ada pengaruh positif dan signifikan secara statistik antara Pendidikan, Pekerjaan ibu dan Berat Badan lahir dengan perkembangan anak prasekolah. Kata Kunci: Pendapatan keluarga, Pendidikan, Pekerjaan ibu dan Berat Badan Lahir terhadap Perkembangan Anak Prasekolah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 27 Oct 2016 10:48
    Last Modified: 27 Oct 2016 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27878

    Actions (login required)

    View Item