EVALUASI PENERIMAAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH DI DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUKOHARJO TAHUN 2011-2015 (STUDI KASUS MAL HARTONO DAN THE PARK)

Pratiwi, Rizky Dyah (2016) EVALUASI PENERIMAAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH DI DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUKOHARJO TAHUN 2011-2015 (STUDI KASUS MAL HARTONO DAN THE PARK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (794Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PENERIMAAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH DI DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUKOHARJO TAHUN 2011-2015 (STUDI KASUS MAL HARTONO DAN THE PARK) RIZKY DYAH PRATIWI F3413060 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendapatan pajak restoran yang diperoleh setelah berdirinya mal (Hartono dan The Park) di Kabupaten Sukoharjo selama tahun 2013-2015 serta untuk mengetahui tanggapan dari para Wajib Pajak mengenai tarif pengenaan pajak restoran dan juga mengetahui kendala-kendala yang dihadapi DPPKAD Kabupaten Sukoharjo dalam melakukan pemungutan pajak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah beroprasinya kedua mal tersebut penerimaan pajak restoran dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Peningkatan ini dikarenakan bertambahnya jumlah Wajib Pajak yang terdaftar. Kendala utama yang dihadapi DPPKAD adalah masih ada restoran yang belum terdaftar menjadi Wajib Pajak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah realisasi penerimaan pajak restoran pada setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Ditinjau dari tingkat efektivitas penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Sukoharjo, penerimaan Pajak Daerah sudah dapat dikatakan efektif dan merupakan sumber penerimaan yang cukup potensial untuk ditingkatkan pendapatannya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran agar DPPKAD Sukoharjo segera menambah petugas lapangan untuk mendata ulang para Wajib Pajak yang belum terdaftar dan segera membentuk Tim Pengawasan Pemungutan pajak restoran. Kata Kunci: Evaluasi, Pajak Restoran, Mal

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 27 Oct 2016 10:22
    Last Modified: 27 Oct 2016 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27870

    Actions (login required)

    View Item