PENERAPAN METODE SELEKSI FITUR WRAPPER GREEDY STEPWISE DENGAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI RASIO PASIEN RAWAT INAP

MUHAMMAD, SYAHIRUL ALIM (2016) PENERAPAN METODE SELEKSI FITUR WRAPPER GREEDY STEPWISE DENGAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI RASIO PASIEN RAWAT INAP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (191Kb)

    Abstract

    Hiperglikemia sebagai manifestasi stres paling sering ditemukan tidak lama setelah masuk ICU. Risiko terjadinya hiperglikemia bervariasi, diantaranya diagnosis saat masuk ICU dengan kondisi klinis spesifik yang berbeda, serta kerusakan organ karena hiperglikemia. Kondisi hiperglikemia pada pasien ICU menujukkan adanya suatu keterkaitan terhadap kecacatan dan kematian pasien, sehingga pihak rumah sakit perlu membuat suatu kebijakan terkait pengobatan hiperglikemia. Kebijakan rumah sakit terkait pengobatan hiperglikemia dapat dirumuskan dengan analisis terhadap data pasien yang memiliki kondisi hiperglikemia. Pada tugas akhir ini, salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa data tersebut adalah metode seleksi fitur Wrapper Greedy Stepwise dan klasifikasi Naïve Bayes. Dengan metode ini pihak rumah sakit dapat mengetahui fitur-fitur yang berpengaruh terhadap hasil klasifikasi apakah seorang pasien akan kembali menjalani rawat inap atau tidak. Dengan fitur awal sebanyak 46 fitur, proses seleksi fitur dapat mengurangi jumlah fitur hingga menjadi 20 fitur. Hasil ini didapatkan pada pembagian dataset 80% dengan proses seleksi fitur wrapper greedy stepwise backward. Nilai akurasi dari klasifikasi dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan klasifikasi rasio pasien rawat inap. Didapatkan peningkatan nilai akurasi terbesar dengan pembagian dataset 80% dengan nilai akurasi tanpa seleksi fitur sebesar 88.63%, dan setelah proses seleksi fitur wrapper greedy stepwise backward meningkat sebesar 2.03% menjadi 90.69%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 11:29
    Last Modified: 02 Nov 2016 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27868

    Actions (login required)

    View Item