Analisis Pembelajaran Sejarah Lokal pada Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima Nusa Tenggara Barat

, SYAHBUDDIN (2016) Analisis Pembelajaran Sejarah Lokal pada Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2500Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Syahbuddin. S861408049. 2016 Tesis: Analisis Pembelajaran Sejarah Lokal pada Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima Nusa Tenggara Barat. Tesis: Program Studi Pascasajana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta. Consultant 1: Dr. Akhmad Arif Musadad, Consultant II: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang: (1) Perencanaan pembelajaran Sejarah Lokal pada program studi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima; (2) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Lokal pada program studi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima; (3) Evaluasi pembelajaran Sejarah Lokal pada program studi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima; (4) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah lokal dan upaya pemecahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan strategi studi kasus terpancang (embedded case study). Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan teknik cuplikan menggunakan dua teknik yaitu: purposive sampling dan Snowball Sampling. Kesimpulan; (1) perencanaan pembelajaran sejarah lokal pada program studi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima terdiri dari silabus, satuan acara perkuliahan (SAP), dan kontrak kuliah. Dosen telah menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik dan kreatif. (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah lokal pada program studi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima diorganisasikan dalam tiga tahap yaitu kegiatan awal/pre test, kegiatan inti/instruksional, dan kegiatan akhir/post test. Pembelajaran sejarah lokal menerapkan pendekatan konstruktivisme dengan strategi dan metode yang bervariasi. Pembelajaran sejarah lokal juga menanamkan nilai-nilai sejarah dan nilai pendidikan karakter. (3) Evaluasi proses pembelajaran belum dilaksanakan dengan baik, karena tidak menggunakan teknik dan instrumen yang tepat sedangkan evaluasi hasil belajar telah memenuhi tujuan pembelajaran itu sendiri yaitu mengukur kemampuan mahasiswa dari tiga ranah yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. (4) Kendala dalam perencanaan pembelajaran adalah minimnya sumber belajar seperti buku-buku dan upaya pemecahannya dengan menghubungi sejarawan, keluarga sejarawan dan penerbit. Kendala lain adalah sumber daya manusia (SDM), dimana kualifikasi pendidikan dosen tidak relevan dengan program studi pendidikan sejarah. Oleh karena itu program studi pendidikan sejarah mengirim beberapa dosen untuk melanjutkan pendidikan. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu penerapan metode pembelajaran studi tour. Pelaksanaan studi tor ke situs Wadu Pa’a, yang disebabkan sarana dan prasarana transportasi yang kurang memadai dan upaya penanggulangannya dengan memvisualisasikan beberapa bagian penting dari situs sehingga menggambarkan pengaruh masuknya agama Hindu-Budha di Bima. Kendala kedua adalah suhu ruang kuliah yang cukup panas. Solusi yang diambil adalah renovasi ruang kuliah kemudian pemasangan pendingin ruangan. Sedangkan kendala dalam evaluasi dimana luasnya materi pembelajaran, sehingga instrumen yang dibuat tidak mampu meliput seluruh materi. Solusi yang diambil adalah menugaskan mahasiswa untuk menyusun resume. Kata kunci: Pembelajaran, sejarah lokal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    D History General and Old World > DS Asia
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 11:30
    Last Modified: 02 Nov 2016 11:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27866

    Actions (login required)

    View Item