PERBANDINGAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA

, SUTARNI (2016) PERBANDINGAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (429Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sutarni. K1512062. PERBANDINGAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan minat belajar antara pembelajaran dengan metode Card Sort dengan pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi; (2) perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran dengan metode Card Sort dengan pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi; (3) efektivitas penggunaan metode Card Sort untuk meningkatkan prestasi belajar Konstruksi Bangunan, pada siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta dibanding dengan menggunakan metode ceramah bervariasi ditinjau dari ranah kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X TS B dan X TS C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimentalresearch) dengan rancangan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket untuk data minat belajar siswa, tes dalam bentuk pilihan ganda untuk data prestasi belajar siswa pada ranah kognitif dan observasi untuk data prestasi belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik.Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, angket minat belajar di uji validitas dan reabilitas sedangkan soal tes di uji validitas, uji reabilitas, uji taraf kesukaran soal dan uji daya beda soal. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan minat belajar (thitung = 4,070>ttabel= 2,008). Minat belajar siswa yang menggunakan metode Card Sort lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Kedua, ada perbedaan prestasi belajar siswa baik pada ranah kognitif (thitung = -16,724 >ttabel= -1,985), afektif (thitung = 4,472 >ttabel= 2,008) maupun psikomotor (thitung = 7,181 >ttabel= 2,008). Prestasi belajar siswa yang menggunakan metode Card Sort lebih besar daripada siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Ketiga, penggunaan metode Card Sort lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Konstruksi Bangunan, pada siswa kelas X program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta ditinjau dari ranah kognitif dibandingkan dengan metode ceramah bervariasi (thitung = 4,107 >ttabel= 1,672). Kata Kunci : Card Sort,ceramah bervariasi,minat belajar, prestasi belajar ABSTRACT Sutarni. K1512062. THECOMPARISON OF INTEREST AND ACHIEVEMENT BETWEEN USING CARD SORT WITH LECTUREVARY METHODS IN CONSTRUCTION BUILDING SUBJECT IN CLASS X BUILDING ENGINEERING SKILLS PROGRAM SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University,May 2016. The research aims to know (1) thedifference of interest between using Card Sort with lecture vary methods; (2) the difference of achievement between using Card Sort with lecture vary methods; (3) the effectiveness of the use of Card Sort methods to improve learning achievement of Construction Building of class X student’sBuilding Engineering skills program SMK Negeri 5 Surakarta than using lecture with vary in terms of the cognitive domain. The population in this researchwas students of class X Engineeringskills program expertise in SMK Negeri 5 Surakarta. X TS B and X TS C class were selected with a sampling technique using nonprobability sampling with purposive sampling method. This research used an quasi experimental researchwith the design is nonequivalent control group design. The collection of data carried out by questionnaire to student’s learning interest data, data test student achievement on cognitive and observation to the data of student achievement in the affective and psychomotor. Before being used as a data collection tool, questionnaire, learning interest in the validity and reliability while test items in the test validity , reliability test, test and test the level of difficulty of questions about the different power. Data analysis using t test with significance level of 0,05. The results of this research are as follows. First, there is the difference of learning interest (tarithmetic = 4,070>ttable = 2,008). Interest in student learning using Card Sort methods higher than students who used the lecture vary methods. Secondly, there is the difference of the learning achievement well on cognitive domains (tarithmetic = -16,724>ttable = -1,985), affective (tarithmetic = 4,472>ttable = 2,008) and psychomotor (tarithmetic = 7,181>ttable = 2,008). Student achievement both cognitive, affective and psychomotor Card Sort methods greater than students who use lecture vary methods. Third, the use of more effective Card Sort methods to improve learning achievement of Construction Building of class X student’sBuilding Engineering skills program SMK Negeri 5 Surakarta in terms of the cognitive domain instead of the lecture vary methods (tarithmetic = 4,107>ttable = 1,672). Keywords : Card Sort,lecture vary, interest in learning, learning achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 02 Nov 2016 11:32
    Last Modified: 02 Nov 2016 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/27864

    Actions (login required)

    View Item